detikfood

Senin, 05/10/2015 16:03 WIB

Soal Jajan Makanan, Remaja Inggris Cenderung Lebih Boros Dibanding Orang Dewasa

Trans Ningsih - detikFood
Soal Jajan Makanan, Remaja Inggris Cenderung Lebih Boros Dibanding Orang Dewasa Foto: Thinkstock
Remaja di Inggris diketahui lebih royal jajan makanan dibandingkan orang dewasa. Menurut survei hal ini karena mereka kurang terampil dan mampu memasak makanan sendiri.​

Memasak bukan hanya sekadar hobi dan kebutuhan primer, memasak juga merupakan penerapan kemampuan dan keterampilan diri dalam mengolah makanan. Meski terlihat rumit dan merepotkan, memasak makanan sendiri juga selain dapat mengontrol menu makanan juga dapat menghemat pengeluaran biaya sehari-hari.

​Seperti dikutip dari ​itv.com (04/10) remaja dengan rentan​g​ usia 16 hingga 24 tahun lebih banyak menghabiskan uang untuk membeli makanan​. Hal ini​ karena​ mereka​ kurang terampil dalam memasak makanan.

Foto: Thinkstock

Kurangnya keterampilan memasak di​ ​kalangan remaja bisa dikarenakan beberapa faktor​. Seperti​ faktor internal, yaitu kurangnya peran keluarga khususnya Ibu​ ​dalam mengajak anak ikut serta memasak di​ ​dapur. Faktor eksternal yaitu karena menganggap makan di​ ​luar selain makanan rumah jauh lebih enak dan mudah. Makanan yang biasanya dibeli juga cenderung masuk dalam kategori makanan cepat saji.

Hasil surve​i​ pemungutan suara yang melibatkan lebih dari 5000 orang dilakukan oleh BBC Good Food Magazine​. D​alam seminggu remaja menghabiskan uang sebesar £63.65 atau sekitar Rp. 1.044.​400​, sementara usia dewasa hanya £57.30 atau sekitar Rp. 940.​000​.

Foto: Thinkstock

Selain itu, hasil surve​i​ juga menunjukkan bahwa remaja dengan usia 16 hingga 24 tahun hanya mengetahui 4 resep masakan. Sementara orang dewasa mengetahui sedikitnya 6 resep masakan. Hanya sekitar 20% remaja yang rajin memasak makanannya sendiri, selebihnya memilih untuk membeli makanan.

​Kecuali ​masalah resep makanan dan jumlah uang yang dikeluarkan untuk makan, majalah Good Food ​terbitan​ BBC juga ​punya temuan lain. ​​D​ari 5000 responden yang ikut serta dalam surve​i​ hampir 14% usia dewasa dalam sehari tidak​ mengonsumsi​ buah dan sayur sama sekali. Dan lebih dari 40% juga mengaku melewatkan setidaknya satu kali makan sehari dan biasanya melewatkan sarapan.

Henry Dimbley, co-founde​r ​the natural fast food chain Leon mengatakan bahwa hasil surve​i​ tersebut sangat menyedihkan. Karena generasi yang seharusnya dapat meneruskan keterampilan baik dari orang terdahulunya, khususnya memasak, justru malah kehilangan keterampilan. Belajar memasak sangat penting, karena makanan yang masuk ke​ ​dalam tubuh menjadi kunci kesehatan seseorang.

(odi/adr)


Baca Juga
  • Meskipun Baunya Menyengat, 10 Makanan Ini Rasanya Lezat (2)

  • Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
    Informasi pemasangan iklan
    Hubungi sales[at]detik.com
    Telepon 021-7941177 (ext.524).
    Cari Tempat Makan