detikfood
Senin, 01/06/2015 16:12 WIB

Singgasana Ikan Bakar: Pelasan Uling dan Nila Kendang Kempul yang Sedap Menyengat

Odilia Winneke - detikFood
Singgasana Ikan Bakar: Pelasan Uling dan Nila Kendang Kempul yang Sedap Menyengat
Sidat atau belut yang populer dengan nama ‘unagi’ di resto Jepang diolah dengan bumbu tradisional Banyuwangi. Demikian juga dengan ikan nila yang dibumbui komplet, gurih pedas menggoyang lidah. Pastinya nasi nambah!

Daerah Parijatah Kulon, kabupaten Banyuwangi dikenal sebagai sentra peterbakan belut atau sidat. Jenis sidat yang umum diternakkan adalah sidat Indonesia atau Anguilla bicolor bicolor. Sering disebut sidat bicolor. Konon sidat jenis ini dagingnya tebal sehingga disukai oleh banyak eksportir.

Karena ingin mencicipi kelezatan sidat Banyuwangi, kamipun singgah ke Singgasana Ikan Bakar. Rumah makan mungil bergaya modern ini dijalankan oleh Mutiara Ulya. Pasokan ikan sidat segarpun didapatnya dari kolam sang ayah, Daniel Amrullah yang sukses membudidayakan sidat.

Rumah makan yang ditata dengan sentuhan warna putih ini didominasi dengan meja panjang yang pas buat bersantap ramai-ramai. Yang jadi andalan adalah Pelasan Uling atau pepes sidat (Rp.20.000).

Meskipun daftar menu tak terlalu panjang namun kami cukup tergoda dengan beragam sajian ikan air tawar yang ditawarkan. Seperti gurame bakar, sup ikan nila dan ikan bumbu kendang kempul.

Sedangkan menu ikan bakarnya ada ikan gurame dan ikan patin bakar. Menu pelengkap berupa sayuran, ada kuah asam rame, sayur bening,pelecing kangung dan tumis kacang panjang.

Pelasan Uling rupanya tidak terlalu besar ukurannya. Berisi 3 potong sidat yang dibalut bumbu merah menyala. Aroma cabai dan wangi bakaran langsung terendus saat pepesan ini dibuka. Wah, sedap benar!

Segera kami menyendok nasi. Maklum, selain aromanya enak, pelasan ini disajikan dengan sambal dadak yang segar berair dan mentimun. Tektur daging sidat yang kenyal lembut tanpa duri dan sisik terasa gurih kenyal. Lapisan bumbu pelas yang merah memberi sengatan pedas yang enak. Pas dipadukan dengan rasa gurih sidat.

Suapan nasi makin cepat saat kami mencicipi sambal dadak yang dicampur dengan tomat segar. Asam, segar dan pedas. Sambal segar ini menjadi ciri khas Banyuwangi. Apalagi ada jejak gurih terasi yang enak.

Sebelum licin tandas, kamipun mencicipi Ikan Bumbu Kendang Kempul (Rp.15.000). Ikan nia goreng yang mungil, sedikit lebih besar dari telapak tangan nyaris tak terlihat. Dibalut bumbu oranye kemerahan dengan sedikit jejak minyak. Ya, aromanya juga gurih pedas menggoda!

Ah, tak salah lagi rasa gurih ringan ikan nila ini disapu dengan bumbu yang komplet. Ada gurih kemiiri, wangi kunyit dan bawang merah serta bawang putih dan jejak pedas cabai. Bumbu yang berlimpah ini membuat suapan nasipun makin mantap.

Sendokan nasi putih keduapun kami pindahkan ke piring. Kali ini untuk mencicipi Sup Ikan Singgasana (Rp.15.000) yang jadi andalan rumah makan ini. Disajikan dalam mangkuk sedang dengan isian 1 ekor ikan nila yang dipotong dua.

Kuahnya bening sedikit kekuningan sehingga isiannya terlihat. Potongan tomat hijau, tomat merah, cabai rawit merah, kucai dan bawang merah yang diiris kasar. Lamat-lamat tercium aroma gurih ikan.

Tak seperti sup ikan umumnya, ikan nilanya digoreng lebih dulu baru disiram kuah panasnya. Rasanya renyah gurih di bagian luar, sementara bagian dalamnya lembut meskipun dagingnya tipis. Karenanya aroma anyir ikan tak tercium kuat.

Dinikmati dengan kuah dan isiannya barulah terasa lengkap. Ada renyah segar tomat dan bawang merah. Sementara cabai rawit merahnya memberi aksen renyah pedas. Rasa kaldu yang ringan segar ini membuat sup ini tak terlalu mengenyangkan.

O,ya kalau mencari rumah makan ini cukup mudah. Karena menempati bangunan baru, persis di depan SMA PGRI 6, di sebelah selatan ruang terbuka hijau. Hidangan khas Banyuwangi yang sedap ini dijamin bikin ketagihan!

Singgasana Ikan Bakar
Jl. KH Wahid Hasyin, Maron, Genteng
Banyuwangi
Telpon: 085230610777


(odi/lus)


Sup Ikan


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close