detikfood

Rabu, 08/04/2015 05:52 WIB

Yamaha Tour de Soul

Uenake Rek! Rujak Cingur Segar Berbumbu Melimpah

Rangga Rahadiansyah - detikFood
Uenake Rek! Rujak Cingur Segar Berbumbu Melimpah Foto: detikcom
Mampir ke Surabaya, tim Yamaha Tour de Soul 125 Moments To Go menyembatkan diri menikmati kuliner Surabaya yang terkenal sedap. Seperti rujak cingur yang membuat kami puas karena rasanya yang mantap.

Meskipun tak sempat menikmati rujak cingur di penjual yang tersohor, kami cukup puas mencicipi rujak ini dalam menu prasmanan. Tampilannya menggiurkan terutama buat pencinta rujak. Selintas mirip gado-gado khas Jakarta. Karena menggunakan bumbu kacang yang sama seperti gado-gado atau ketoprak.

Hanya saja bumbu rujak cingur memakai petis udang yang wangi baunya. Ciri khas yang lain, rujak cingur ini menggunakan campuran buah-buahan, sayuran dan hidung sapi atau disebut cingur. Di House of Sampoerna ini, rujak cingur disajikan dalam bentuk prasmanan.

Rujak cingur yang kami cicipi ini memiliki isi buah-buahan seperti nanas, mangga muda, bengkuang, tahu, tempe, cingur dan kangkung dengan bumbu kacang dan petis. Meskipun tidak diracik langsung di depan kami tapi rasanya cukup enak. Ada renyah kacang dan sayuran yang menyatu dengan rasa pedas dan manis.

Apalagi, saat potongan cingurnya sudah masuk ke mulut. Rasanya hampir sama seperti kikil. Kenyal-kenyal lembut dan gurih. Meski cingurnya berasal dari hidung sapi, rasa amisnya sedikit terhapus berkat buah-buahan seperti nanas, mangga muda dan bengkuang sebagai penawarnya.

Kalau tak terbiasa, rasa cingur yang kenyal-kenyal memang terasa aneh. Bahkan, beberapa Soul Rider--sebutan rider yang ikut Yamaha Tour de Soul banyak yang pertama kali mencicipi. Meski demikian rata-rata mereka menyukai rasa uniknya.

House of Sampoerna yang menyajikan rujak cingur untuk rider Yamaha ini terletak di Jl. Taman Sampoerna 6, Surabaya. Kafe, sekaligus museum dan galeri seni itu buka dari pukul 11 siang sampai pukul 22.00.

Tapi, untuk rujak cingur, House of Sampoerna tidak menjajakannya per porsi. Harus memesan secara prasmanan dengan jumlah orang minimal 30 orang. Harganya mulai dari Rp 90 ribu samai Rp 111 ribu per orang. Anda bisa melahap hidangan prasmanan plus rujak cingurnya.

(odi/rgr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan