detikfood

Sabtu, 24/01/2015 08:40 WIB

Makan di Restoran Ini Pengunjung Tak Perlu Memberi Tip

Christina Ambarrita - detikFood
Makan di Restoran Ini Pengunjung Tak Perlu Memberi Tip Foto: www.phillymag.com
Sebuah restoran di Filadelfia, AS, 'Girard Brasserie and Bruncherie' memberikan catatan kecil di dalam bon yang diberikan kepada tamu-tamunya. Catatan tersebut bertuliskan 'Tipping is not necessary',

Cara ini dianggap tidak lazim terjadi di restoran dan industri maanan lainnya. Karena biasanya justru pekerja di restoran sering bergantung pada gratifikasi dari pelanggan.
Sedangkan staf di restoran bergaya Prancis tersebut hanya berpenghasilan $13 (Rp.162.000) per jam, mendapatkan hari cuti, dan asuransi kesehatan.

“Strategi ekonomi memang tidak mudah untuk dimengerti,” ujar wakil pemilik Girard, Brian Oliveira. Diharapkan nantinya dengan ketentuan tersebut bisa menciptakan pegawai yang memiliki loyalitas untuk terus mampu menyenangkan pelanggan restoran.

“Kami tidak mengejar keuntungan pendapatan semata, karenanya kami membuat kebijakan untuk tidak memberikan tip pada pegawai di restoran ini. Nantinya restoran kami akan menciptakan lingkungan yang lebih baik dan setiap pengunjung akan lebih puas saat makan di tempat kami,” jelas Oliveira, koki di Girard.

Hal yang tidak lazim ini menyoroti perdebatan soal upah pekerja lepas yang menjadi pekerjaan utama bagi 10% tenaga kerja di AS. Upah minimum per jam untuk pekerja non-tip, misalnya pencuci piring dan koki $7,25 (Rp 87.000). Sedangkan upah minimum untuk pekerja dengan tip seperti pelayan dan bartender $2,13 (Rp 25.000).

Pemerintah AS belum menaikkan upah tip dalam 25 tahun terakhir. Menurut asosiasi restoran yang biasanya memberikan dukungan untuk meningkatkan upah minimum, dengan meningkatkan upah secara tidak langsung memaksa pemilik restoran memberhentikan pekerja, memotong jam kerja, atau menaikkan harga.

Banyak daerah dan kota di AS yang berkerja sendiri dalam mengatasi perbedaan upah minimum antara pekerja yang mendapatkan tip dengan pekerja yang tidak mendapatkan tip.

Angka tertinggi dari data upah per jam pekerja di beberapa kota di AS. San Fransisco sebesar $10.74 (Rp125.000) diikuti oleh Washington dan Oregon sebesar $9.47 (Rp 113.000). Sedangkan upah minimum terendah untuk pekerja tip ada di Pennsylvania sebesar $2.83 p(Rp. 25.000) per jam.

Data ini diperoleh dari Restaurant Opportunities Center United, sebuah organisasi yang berupaya meningkatkan kondisi kesejahteraan buruh lepas di lapangan.

“Biasanya kami para pekerja lebih potensial mendapatkan uang dari hasil tip, bahkan lebih banyak dibanding bergantung pada upah yang diterima per jam,” ujar Geoff Bowman, salah seorang bartender di Philadelphia.

Saat bekerja, ia menghasilkan $2.83 (Rp.35.000) per jam sekaligus tip sebagai pelayan di Dottie's Dinette, lokasinya tak jauh dari Girard.

Di Girard, harga menu makanan disesuaikan. Harga tetap sebuah sajian menu berkisar mulai dari $31 (Rp.386.000) hingga $42 (Rp.524.000). Harga ini bisa dikatakan cukup masuk akal sebab besarnya hampir sama jika tamu memberikan tip pada pelayan.




(odi/odi)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan