detikfood
Kirim Pertanyaan
Senin, 21/01/2013 13:39 WIB

Soal Kehalalan Bakso

Khaeriah,Khaeriah - detikFood
Penanya
Khaeriah,Khaeriah
Via Anonymous

Tanya:

Assalamu'alaikum. Ustad saya senang sekali dengan bakso atau bahan yang berbahan dasar daging lainnya, tapi saya juga khawatir apakah makanan yang saya makan itu hewannya sudah disembelih sesuai dengan prosedur yang islami. apa kah cukup dengan membaca bismillah ketika kita makan makanan tsb menjadikannya halal? atau sebaiknya saya menghindari makanan tsb?


Jawab:

Alaikumsalam.
Dalam mengkonsumsi makanan atau minuman memang diwajibkan untuk membaca basmalah sebelumnya, sebagai tanda syukur dan permohonan kita kepada Allah agar apa yang masuk ke dalam tubuh kita merupakan sesuatu yang halal dan mendatangkan berkah.

Namun, ucapan basmalah tentu saja tidak menjadi jaminan bahwa apa yang kita konsumsi sudah pasti dijamin halal. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi sesuatu, apalagi bakso yang bahan bakunya kita belum mengetahui asal usulnya, maka sangat dianjurkan agar kita memastikan terlebih dahulu bahwa bakso tersebut telah terjamin kehalalannya. Caranya adalah dengan memeriksa ada tidaknya label halal pada kemasan bakso atau pada warung penjual bakso tersebut.




Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).