detikfood

Selasa, 20/03/2012 11:09 WIB

Kepala Ikan Song, 'Die Die Must Try'

Bondan Winarno - detikFood
Kepala Ikan Song, Die Die Must Try Foto: Bondan Winarno
Sebuah rumah makan sederhana yang mendapat akolade "die die must try" dari K.F. Seetoh, Makan-Guru terkenal di Singapura. Selain populer sebagai kawasan "lampu merah", Geylang memang juga sangat terkenal dengan berbagai makanan enak. No Signboard yang terkenal dengan chili crab-nya berlokasi di sana. Sin Huat Eating House-nya Danny Lee – terkenal dengan bihun kepiting dan kodok masak saripati ayam – juga ada di sana. Sapo bubur kodok paling enak juga dapat ditemukan di kawasan ini.

Begitu sederhananya, di Sik Wai Sin tidak ada kartu menu. Mereka yang datang ke sana biasanya memang sudah langganan dan tahu apa yang akan dipesan. Menu yang paling populer di sini adalah kepala ikan song (semacam ikan mas berukuran besar) dikukus dengan bumbu tauco. Di atasnya ditaburi rajangan kasar daun bawang, dan lemak babi goreng kering. Karena itu, bila Anda keberatan dengan kehadiran lemak babi goreng kering itu, harus mengatakannya dengan jelas ketika memesan. Menu unggulan lainnya adalah: kuluyuk, udang masak tahu, dan berbagai makanan non-halal.

Kepala ikannya memang berukuran sangat besar. Satu porsi berisi sebelah (setengah) kepala, cukup untuk dimakan 2-4 orang. Harganya Sin$20 (sekitar Rp 130 ribu). Artinya, harganya setara dengan gulai kepala ikan kakap. Padahal, ikan song sebetulnya lebih mahal daripada ikan kakap, karena masih harus diimpor dari Tiongkok.

Lemak di bagian kepala ini jauh lebih banyak daripada dagingnya. Untungnya, kita tahu bahwa lemak ikan justru bagus bagi kesehatan kita karena mengandung banyak Omega-3. Kandungan lemak tinggi ini membuat teksturnya sangat mulus, dan – tentu saja – mak nyuss!

Sajian kepala ikan kukus SikWai Sin ini mengingatkan saya pada kepala ikan song yang dimasak pedas di Restoran Hunan Kitchen di kawasan Mangga Besar. Keduanya sama-sama dibuat dari kepala ikan song, dan masing-masing punya ciri khas yang mengagumkan.

Sik Wai Sin Eating House
287 Geylang Road
(di antara Lorong 15-16)
Singapore 389334
+6567440129

(dev/dev)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan