detikfood
Rabu, 11/01/2012 15:27 WIB

Yuk, Ngopi dan Sarapan di Kedai Kopi Kurnia!

Juliana - detikFood
Yuk, Ngopi dan Sarapan di Kedai Kopi Kurnia! Foto: detikFood (ilustrasi)
Nama Pengirim: Juliana
Email: sjaifulj[at]xxx.com

Tidak dapat dipungkiri kalau Medan merupakan surga untuk wisata kuliner. Salah satu yang patut disinggahi jika berkunjung ke kota tersebut adalah Kedai Kopi Kurnia. Sambil menyeruput kopi, Anda pun bisa merasakan roti selai srikayanya yang legit menari-nari di lidah.

Perkenalan saya dengan Kedai Kopi Kurnia terjadi tanpa disengaja. Saat saya menyusuri jalan Kesawan yang terkenal dengan arsitektur tuanya dan kemudian mencoba untuk berbelok ke suatu jalan yang ternyata adalah Jalan May.Jen.Sutoyo Siswomihardjo. Dahulu jalan ini dikenal dengan nama Jl. Perdana. Disana saya melihat beberapa tempat makan dan kedai kopi yang terletak di persimpangan jalan.

Mungkin jika di Jakarta Jika di Jakarta, bayak terdapat coffee shop dan kopitiam franchise. Tapi di Medan banyak kedai kopi yang masih tradisional dan dipakai sebagai tempat pertemuan warga lokal yang murah meriah tapi asyik.

Yang paling menarik perhatian saya adalah Kedai Kopi Kurnia karena terlihat paling ramai. Kedai kopi tersebut penuh dengan orang yang sedang makan atau sekedar ngobrol sambil menyeruput ngopi. Di Kedai Kopi Kurnia terdapat berbagai stall makanan yang berbeda-beda dari pagi hari sampai malam hari.

Saya memesan kopinya yang sangat harum, sejenis kopi tubruk khas Medan yang pembuatan masih dengan cara tradisional. Mantap sekali rasa dan harumnya kopi, dipadu dengan roti panggang serikaya home made dan telur ayam kampung setengah matang. Saya perhatikan banyak pula orang yang berlari pagi singgah untuk menikmati sarapan disini. Kalau ingin yang lebih berat, bisa memesan Hokkien Mie yang merupakan campuran mie kuning atau kwetiauw dan bihun dengan udang, ikan, daging kecap, bakso dan kepiting.

Karena keperluan bisnis saya di sekitar tempat itu, pada saat makan siang saya sempatkan untuk kesana lagi. Aha, ada stall mie rebus yang buka di siang hari. Mie rebus berupa mie kuning dengan kuah kecoklatan kental dari kaldu udang sungguh menerbitkan selera. Ditambah dengan risol dan kerupuk kampung warna merah putih sungguh memuaskan rasa lapar saya.

Bertekad untuk mengetahui apakah makan malam akan memuaskan seperti sarapan pagi dan makan siang, saya mengunjungi kedai ini lagi sebelum pulang ke hotel. Sekali lagi lidah saya termanjakan oleh Char Kwetiau (kwetiaw goreng). Kwetiau goreng yang dimasak dengan menggunakan penggorengan arang memang sungguh mantap rasanya. Ditambah dengan markisa dingin yang segar sungguh menyempurnakan hari.

Berhubung saya juga tidak sempat lagi untuk berkeliling mencari oleh-oleh, saya pun membeli markisa dan srikaya yang bisa dipesan untuk dibawa pulang. Benar saja, sekembalinya ke Jakarta si srikaya yang legit dan markisa segar home made pun langsung disambut dengan gembira oleh anak-anak saya. Nahm bagi yang berkunjung ke Medan, jangan lupa berkunjung ke Kedai Kopi Kurnia untuk mendapatkan pengalaman bersantap yang sederhana namun berasa luar biasa.

Kedai Kopi Kurnia
Jl. Mayor Jendral Sutoyo Siswomihardjo no. 22
(d/h Jl.Perdana)
Medan, Sumatera Utara


(Odi/dev)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan