Selasa, 17/04/2018 18:14 WIB

Makanan Pesisir Jawa Tengah

Sajian Nikmat dari Kota Kecil di Sepanjang Pesisir Jawa Tengah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sajian Nikmat dari Kota Kecil di Sepanjang Pesisir Jawa Tengah Foto: Istimewa
Daerah pesisir Jawa Tengah menawarkan banyak kuliner enak. Di tiap kota ada sajian khas yang patut dicicip. Mulai dari soto Kudus sampai nasi gandul Pati!

Pesisir atau wilayah di sepanjang pantai Jawa Tengah selalu menarik disambangi. Ada kota kelahiran Kartini, Jepara, Semarang, Demak, Kudus sampai Pekalongan yang terkenal dengan batiknya.

Seperti halnya kota lain di Indonesia, kota-kota kecil di pesisir Jawa Tengah ini memiliki kekayaan budaya yang tak ternilai harganya. Termasuk soal kuliner khas yang hingga kini masih mendapat tempat di hati banyak orang.

Baca Juga: Jajan Lontong Kupang, Kerang Kecil Favorit Warga Jawa Timur

Mengunjungi Jepara, ada opor panggang yang nikmat rasanya. Potongan ayam kampung dipanggang lalu direndam dalam kuah santan nan gurih. Mirip opor panggang, di Kudus ada opor bakar yang tak kalah nikmat.
Sajian Nikmat dari Kota Kecil di Sepanjang Pesisir Jawa TengahFoto: Istimewa
Jepara juga punya makanan pokok pengganti nasi bernama horok horok. Panganan ini dibuat dari tepung pohon aren. Biasanya dinikmati dengan lauk sate kikil, bakso sampai sayur pecel.

Main ke Kudus, ada soto Kudus yang nikmat rasanya. Meski porsinya kecil, suwiran ayam kampung dalam kuah kaldu bening nan gurih membuat soto Kudus tetap digemari. Kudus juga punya jenang yang jadi oleh-oleh khasnya.

Lain lagi di Pati yang terkenal akan sajian nasi gandul-nya. Pati bahkan punya sate sapi enak yang sayang dilewatkan. Salah satunya dijajakan Pak Soedarman di Jalan Rogowongso.
Sajian Nikmat dari Kota Kecil di Sepanjang Pesisir Jawa TengahFoto: Istimewa

Bagaimana dengan kuliner Demak, Pekalongan dan Rembang? Nah, pada ulasan kali ini, detikFood akan mengangkat sajian nikmat dari kota-kota di pesisir Jawa Tengah ini.

Mulai dari makanan khas berupa makanan utama sampai kue-kue yang mungkin belum pernah Anda tahu sebelumnya. Tentu bisa jadi panduan jika mau berwisata kuliner ke kota-kota menarik ini. Simak terus detikFood untuk tahu info lengkapnya ya!

Baca Juga: Ada Pindang Serani yang Segar Gurih dari Kampung Tugu
(odi/sob)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com