Senin, 19/03/2018 18:41 WIB

Manis Segar Es Campur

Patbingsu, Es Campur Legendaris Korea yang Selalu Bikin Puas

Sonia Basoni - detikFood
Patbingsu, Es Campur Legendaris Korea yang Selalu Bikin Puas Foto: iStock
Korea punya patbingsu. Terdiri dari campuran es serut, aneka buah segar, kacang merah, hingga es krim. Disajikan dalam mangkuk yang dijamin bikin kenyang.

Dessert dan camilan manis khas Korea Selatan punya arti 'Red Bean Rice'. Awalnya merupakan sajian es kacang merah sederhana disajikan dengan potongan kue beras yang manis, dikenal dengan sebutan injeolmi.

Baca Juga: Bingsu, Es Campur Korea yang Dingin Legit untuk Dessert Santap Malam
Patbingsu, Es Campur Legendaris Korea yang Selalu Bikin PuasFoto: iStock
Patbingsu sudah ada sejak akhir tahun 1950an, saat itu kebanyakan masyarakat Korea Selatan belum memiliki lemari pendingin untuk membuat es batu. Apalagi dulu di Korea Selatan sering mengalami musim panas yang panjang dengan udara panas dan lembab, sehingga kehadiran patbingsu langsung menjadi populer.

Bahkan patbingsu telah menjadi salah satu budaya yang menggambarkan musim panas di Korea Selatan hingga saat ini. Mulai dari penjual kaki lima, kafe, hingga restoran mewah menyajikan menu patbingsoo.

Selain rasanya manis segar, aneka toppingnya membuatnya semakin enak. Mulai dari kacang merah, cokelat, jelly, susu, cheesecake, kue, buah-buahan hingga es krim.

Selain itu toppingnya yang melimpah membuat patbingsu berbeda dengan sajian dessert lainnya. Ciri khasnya terletak pada pasta kacang merah azuki yang jadi pemanis di atas es serut. Kacang azuki memiliki rasa manis alami, dan banyak digunakan untuk makanan manis di Asia.
Patbingsu, Es Campur Legendaris Korea yang Selalu Bikin PuasFoto: iStock
Untuk membuat pasta kacang merah ini, dibutuhkan waktu sekitar dua jam dan terbilang mudah. Pertama kacang merah direbus selama 5 menit dengan api sedang kemudian tiriskan, lalu kacang kembali direbus dengan air baru selama satu jam dengan api kecil.

Setelah tekstur kacang mulai hancur, ditambahkan garam, gula, dan madu kemudian diaduk hingga kental. Biasanya orang Korea banyak menambahkan susu kental manis atau susu cair untuk menambah rasa pada es serut.
Patbingsu, Es Campur Legendaris Korea yang Selalu Bikin PuasFoto: iStock
Es cmapur ini populer di luar Korea. Jakarta banyak restoran dan kafe yang menyajikan patbingsu, salah satunya Patbingsoo Korean Dessert House berlokasi di Flavor Bliss Alam Sutera. Di sini Anda bisa mencicipi Chungmuro Patbingsoo yang menggunakan es serut dengan rasa matcha yang enak.

Baca Juga: Nyam! Manis Segar Es Serut Korea dengan Topping Nanas
(odi/sob)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com