Selasa, 13/02/2018 17:30 WIB

Istimewa untuk Imlek

Jeruk Mandarin Langka di Pasaran, Jeruk Ini Bisa Dibeli untuk Imlek

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jeruk Mandarin Langka di Pasaran, Jeruk Ini Bisa Dibeli untuk Imlek Foto: dok. detikFood
Mendekati Imlek, jeruk mandarin asal China malah sulit ditemui. Meski begitu, masih ada beberapa jenis jeruk tersedia di pasaran.

Jeruk jadi suguhan wajib saat Imlek karena warna oranye keemasannya melambangkan kemakmuran dan keberuntungan. Biasanya jelang Imlek, aneka jeruk impor termasuk jeruk China mudah ditemui.

Sayangnya kondisi tahun ini berbeda karena jeruk asal China seolah 'menghilang' di pasaran. Hal ini dibenarkan Khafid Sirotuddin selaku Ketua Umum Asosiasi Eksportir Importir Buah dan Sayuran Segar Indonesia.

Jeruk Mandarin Langka di Pasaran, Jeruk Ini Bisa Dibeli untuk ImlekJeruk Mandarin Asal China Sedang Langka Di Pasaran (Foto: iStock)

Khafid menjelaskan langkanya jeruk asal China lantaran pemerintah tak mengeluarkan izin impor untuk komoditas tersebut sejak Oktober 2017. Di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, seorang pedagang bahkan mengatakan langkanya stok jeruk China khususnya mandarin sudah sejak beberapa bulan.

Baca Juga: Jelang Imlek, Jeruk Mandarin 'Menghilang' di Pasaran

Penasaran dengan kondisi ini, detikFood (13/2) mendatangi supermarket Grand Lucky di kawasan SCBD. Pegawai bernama Ratih mengungkapkan tak ada stok jeruk impor China di supermarketnya. Baik mandarin, ponkam maupun santang.

Di sini tersedia jeruk kinno asal Pakistan sebagai penggantinya. Tampilan jeruk ini selintas mirip jeruk mandarin dengan kulit mulus dan mengilap. Namun rasanya tidak semanis jeruk populer itu.

Jeruk Mandarin Langka di Pasaran, Jeruk Ini Bisa Dibeli untuk ImlekJeruk Kinno Pakistan yang Banyak di Pasaran (Foto: dok. detikFood)

Jeruk kinno dibanderol Rp 1.890 per 100 gram. Ada juga kemasan 9 kg dengan ukuran jeruk medium, harganya Rp 134.900. "Ini juga tinggal 1 kardus tersisa," ujar Ratih pada detikFood.

Sebagai alternatif, Ratih mengatakan ada jeruk lokal berupa jeruk Medan dan jeruk Pontianak. Jeruk Medan super dibanderol Rp 4.550 per 100 gram, sementara jeruk Pontianak super harganya Rp 2.490 per 100 gram.

Pilihan jeruk lain di sini adalah jeruk navel lake lane (Rp 5.890 per 100 gram), jeruk baby jaffa (Rp 2.250 per 100 gram), jeruk sunkist valencia Afrika (Rp 3.550 per 100 gram) dan jeruk dekopon (Rp 7.990 per 100 gram).

Jeruk Mandarin Langka di Pasaran, Jeruk Ini Bisa Dibeli untuk ImlekJeruk Kinno Kemasan untuk Imlek (Foto: dok. detikFood)

Kondisi serupa terjadi di Ranch Market Kemang. Saat detikFood mampir (11/2), di sini hanya terlihat jeruk kinno untuk suguhan Imlek. Ada yang dikemas dalam kardus dan dalam kotak cantik khusus berwarna merah. Harganya sekitar Rp 180.000.

Dihubungi detikFood (12/2), pasokan jeruk mandarin atau jeruk China juga tak ada di supermarket buah Total Buah Segar dan All Fresh. Di sana tersedia jeruk kinno Pakistan sebagai gantinya.

Baca Juga: Tak Cuma Pasar Induk, Jeruk Mandarin Juga 'Hilang' di Supermarket

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com