Sabtu, 13/01/2018 10:36 WIB

Lakukan 6 Cara Ini Agar Membuat Kue Bersama si Kecil Lebih Menyenangkan!

Lusiana Mustinda - detikFood
Lakukan 6 Cara Ini Agar Membuat Kue Bersama si Kecil Lebih Menyenangkan! Foto: ilustrasi/thinkstock
Membuat kue di hari libur jadi aktivitas yang seru untuk dilakukan bersama. Ini 6 tips yang bisa Anda terapkan agar memasak bersama makin menyenangkan.

Selain mengolah makanan gurih, kue-kue cantik juga bisa jadi pilihan tepat. Si kecil bisa membantu mencampurkan adonan atau menghiasnya. Namun, membuat kue ini bisa juga jadi hal yang sangat merepotkan karena bisa membuat dapur berantakan. Dikutip dalam thekitchn, beberapa hal ini dapat Anda terapkan.

Baca juga: Agar Masak Bersama Anak Makin Menyenangkan, Ini Tips Ahli Nutrisi

1. Mengantisipasi kekacauan

Lakukan 6 Cara Ini Agar Membuat Kue Bersama si Kecil Lebih Menyenangkan!Foto: iStock

Ketika si kecil belajar membuat kue di dapur pasti ada sedikit kekacauan. Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan diri dengan alat dan taktik serta mental. Memanggang dengan anak-anak dibutuhkan ketenangan dan perlu diberi arahan terlebih dahulu. Anda bisa mengajak si kecil untuk mengaduk adonan dengan spatula atau menghiasnya dengan buttercream.

Untuk mengatasi kekacauan dapur ini, Anda bisa menyiapkan handuk kertas atau kain basah untuk membersihkan tumpahan adonan dengan mudah.

2. Gunakan alat ramah anak

Lakukan 6 Cara Ini Agar Membuat Kue Bersama si Kecil Lebih Menyenangkan!Foto: Istimewa
Ketika memasak bersama si kecil pastikan alat-alat yang digunakan ramah untuk anak. Jangan gunakan alat tajam seperti pisah atau mixer yang dapat melukai si kecil. Siapkan gelas ukur plastik atau mangkuk plastik berukuran besar untuk wadah pencampuran adonan. Mixer mesin bisa Anda ganti dengan mixer tangan yang lebih aman.

3. Simpan taburan di dekatnya

Kedengarannya memang agak aneh. Tapi jika melihat taburan berupa sprinkle atau meisjes si kecil akan tak berhenti menaburkannya. Sebaiknya keluarkan taburan ketika kue siap untuk dihias dan jumlahnya jangan terlalu berlebihan. Ini bisa jadi salah satu cara meminimalisir tumpahnya sprinkle ataupun gula halus.

4. Berikan nama pada makanan yang dibuat

Nama makanan yang dibuat bersama dengan si kecil perlu Anda beri nama. Misalnya saja ketika membuat roti bakar atau muffin Anda bisa saja membuatkan nama. Selain itu ketika membagikan tugas, Anda juga bisa memberikan nama pada si kecil sesuai dengan tugasnya misalnya Queen of the Flour.

5. Buatkan sesuai kesukaannya

Lakukan 6 Cara Ini Agar Membuat Kue Bersama si Kecil Lebih Menyenangkan!Foto: Istimewa
Kesukaan si kecil berbeda-beda. Kue seperti cookies, pancake hingga donat bisa dibentuk dengan variasi lain. Ada yang bulat, berbentuk dino hingga huruf dari nama mereka. Ini bisa membantu meningkatkan memori dan tentu mereka akan lebih senang ketika membuat kue sesuai dengan kesukaannya.

6. Ajak si kecil membersihkan dapur

Setelah membuat kue dan dapur terlihat berantakan. Ajak si kecil untuk menaruh piring, gelas hingga sendok ke tempat semula setelah dibersihkan. Dan ajarkan ia untuk membersihkan tumpahan tepung atau air. Dengan mengajak si kecil membersihkan dapur bersama, ia akan belajar lebih banyak dan menanamkan kedisiplinan sebelum meninggalkan dapur.

Baca juga: Ini 9 Tips Penting Saat Membuat Kue dengan Si Kecil (1)
(odi/dwa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com