Selasa, 12/12/2017 14:40 WIB

Kuliner Hits 2017

Kenyal Pedas Mie Instan Korea yang Mengguncang Lidah

Dewi Anggraini - detikFood
Kenyal Pedas Mie Instan Korea yang Mengguncang Lidah Foto: Samyang yang diimpor PT Korinus
Mie instan ini heboh karena 'samyang challenge' tahun lalu. Orang beramai-ramai membuat video memakan mie asal Korea ini.

Samyang adalah salah satu brand mie instan Korea. Cita rasnya super pedas. Kemudian orang berlomba adu kuat makan pedas, yang disebut 'samyang challenge'.

Selain teksturnya lebih kenyal, mie instan ini punya rasa yang amat pedas. Samyang challenge membuat penggemar pedas berlomba-lomba menjadi pecinta pedas sejati. Bagi yang tak menyukai pedas, tetap melakukan 'samyang challenge' demi mengikuti tren.

Hingga kini, unggahan video 'samyang challenge' sudah mencapai 82.000 video di instagram dari seluruh dunia.

Kenyal Pedas Mie Instan Korea yang Mengguncang LidahFoto: Ilustrasi: Mindra Purnomo
Di Indonesia, saat mie instan Korea ini sedang naik daun, beredar isu bahwa mie instan asal negeri gingseng itu tidak halal alias mengandung babi. Brand mie instan Samyang yang beredar di masyarakat memang belum mengantongi label halal dari LPPOM MUI.

Namun mie yang dibeli dari Malaysia sudah ada yang berlabel halal dari Korean Muslim Federation (KMF). Banyak yang pro dan kontra akan hal ini. Karena Samyang dinilai tak mengandung babi. Hingga akhirnya September lalu Samyang varian Hot Chicken Flavor Ramen mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Baca juga: Soal Mie Instan Korea Mengandung Babi, Ini Kata Penjual Makanan Korea

Kenyal Pedas Mie Instan Korea yang Mengguncang LidahFoto: Istimewa
Selain rasanya yang pedas, tekstur mie nya juga lebih kenyal dan bentuknya lebih besar. Rasa khasnya berasal dari bumbu gochujang. Gochujang merupakan pasta cabe yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai, cabe, bubuk beras ketan dan garam. Sehingga rasa pedasnya tak sama seperti memakan cabe rawit. Selain pedas di mulut, rasa panas juga dirasakan di tenggorokan.

Baca juga: Ini Bedanya Mie Instan Korea, Jepang, dan Indonesia

Kini sudah banyak kreasi hidangan yang berbahan dasar Samyang. Seperti martabak Samyang, omelete Samyang, Samyang topping keju, dan lainnya. Bahkan banyak cafe dan resto yang menyediakan menu kreasi khusus Samyang.

Gerai Martabak Gue di Serpong ini punya menu martabak telur isi Samyang bertopping keju mozarella dan bubuk cabe. Lelehan keju dan taburan cabainya amat menggugah selera!
Kenyal Pedas Mie Instan Korea yang Mengguncang LidahFoto: Istimewa

Pizza Samyang BOMB ini milik Warunk Exito, Alam Sutera. Hidangan ini merupakan pizza bertopping mie Samyang yang sudah ditambah cabe rawit. Cabe rawitnya pun bisa sesuai permintaan pengunjung, lho!

Kenyal Pedas Mie Instan Korea yang Mengguncang LidahFoto: Istimewa
Di cafe The Cubite juga menyediakan Samyang dengan beragam topping seperti keju, bakso, sosis, dan lainnya. Selian itu juga ada menu seblak samyang. Mie Samyang enak juga dijadikan seblak!

Kenyal Pedas Mie Instan Korea yang Mengguncang LidahFoto: Istimewa
Dengan banyaknya kreasi unik dan tetap menawarkan cita rasa pedas, jenis mie ini hingga kini masih disukai penggila rasa pedas.

Baca juga: Ngidam Samyang? 4 Kreasi Unik Ini Bisa Anda Coba di Rumah
(odi/dwa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com