Kamis, 07/12/2017 13:13 WIB

Yuk Intip, Camilan hingga Minuman Enak Kesukaan Orang Palestina!

Lusiana Mustinda - detikFood
Yuk Intip, Camilan hingga Minuman Enak Kesukaan Orang Palestina! Foto: iStock
Orang Palestina punya gaya masak yang berbeda dengan Asia. Masyarakatnya lebih menyukai makanan panggang, roti dan juga yogurt yang terbuat dari susu kambing.

Donald Trump mengumumkan secara resmi mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Tak hanya itu, Kedutaan Besar Amerika Serikat juga akan dipindahkan dari Tel Aviv ke Yerusalem. Hal ini menimbulkan banyak kecaman dunia dan dinilai bisa membahayakan perdamaian Israel-Palestina.

Padahal menurut Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Yerussalem merupakan Ibu Kota abadi Palestina. Walaupun tak banyak terekspos mengenai wisatanya, tapi ada beberapa makanan enak dari Palestina yang bisa Anda coba. Dikutip dalam Travel Palestine, berikut ini beberapa makanan hingga minuman kesukaan orang Palestina.

Baca juga: Orang Israel dan Palestina yang Mau Duduk Satu Meja Dapat Diskon 50% di Restoran Ini

1. Hidangan utama

Yuk Intip, Camilan hingga Minuman Enak Kesukaan Orang Palestina!Salah satu hidangan utama yang populer di Palestina adalah Maqluba. Foto: iStock

Musakhan ialah hidangan utama yang terkenal di Jerusalem. Komponen utamanya adalah roti Taboon yang diatasnya diberi potongan bawang manis yang sudah ditumis, sumac, saffeon dan beberapa rempah. Jika disajikan untuk makan malam, orang Palestina biasanya menambahkan satu atau dua ayam panggang di atas rotinya.

Selain itu, ada juga Maqluba. Ini adalah makanan populer di Palestina bagian tengah. Maqluba merupakan nasi yang dimasak dalam panci dengan penyajian unik. Maqluba artinya "terbalik", sehingga penyajiannya dengan panci yang dibalik untuk langsung dihidangkan di atas piring. Dengan campuran terong panggang dan juga daging ayam serta domba.

Ada pula Mujaddara, makanan lain dari tepi Barat dan Levant yang terdiri dari kacang hijau yang dimasak dengan bulgaar yang ditumis dengan minyak zaitun.

Dan Mansaf yang juga adalah makanan tradisional dari penduduk Badui di Yordania dan Yudea. Makanan ini sering disajikan saat Idul Fitri atau pertemuan keluarga. Mansaf dimasak dengan kaki domba dengan paduan yogurt dari susu kambing dan nasi yang dipadu dengan kacang pinus dan almond.

2. Roti

Yuk Intip, Camilan hingga Minuman Enak Kesukaan Orang Palestina!Shawarma yang bisa diberi isian daging ayam hingga domba. Foto: iStock

Orang-orang Palestina senang dengan roti. Ada beberapa jenis roti yang populer di sana yaitu roti pita, markook dan taboon. Ada beberapa jenis makanan yang mirip dengan sandwich seperti manaeesh, sfiha dan shawarma. Manaeesh adalah roti taboon yang dipanggang dengan paduan za'atar dan minyak zaitun, umum dinikmati saat sarapan.

Shifa adalah roti datar yang dipanggang dan diberi pootngan daging domba yang dimasak dengan paprika merah atau tomat. Sedangkan shawarma hidangan umum yang sering dimakan orang Palestina yang dibuat dari roti pita dan diisi dengan daging serta sayuran.

3. Makanan penutup

Yuk Intip, Camilan hingga Minuman Enak Kesukaan Orang Palestina!Baklawa yang manis dari Palestina. Foto: iStock

Baklawa, halwa, milatete, kenafeh, haraese, ma'amoul dan semolina jadi hidangan penutup populer di Palestina. Baklawa adalah kue kering yang terbuat dari adonan tepung tak beragi dan diisi dengan pistachio dan kenari dengan lumuran madu.

Sedangkan Halwa ialah tepung gula yang diberi tambahan wijen. Ma'amoul adalah pastry dari semolina yang diberi kacang tanah atau pistachio. Kanafeh dibuat dengan campuran keju Nabulsi yang diberi remahan keju pistachhio dengan siraman sirup gula yang tebal. Makanan-makanan ini sering disuguhkan untuk perayaan besar seperti buka puasa di bulan Ramadan dan juga Hari Raya Idul Fitri.

4. Makanan camilan

Selain kacang, kurma juga jadi makanan camilan yang bisa menambah energi.Selain kacang, kurma juga jadi makanan camilan yang bisa menambah energi. Foto: iStock

Di Palestina makanan camilan yang biasa dikonsumsi adalah kacang-kacangan, biji-bijian, kurma dan buah kering. Camilan ringan ini sering kali jadi teman bersantap saat sedang berkumpul hingga camilan diantara waktu makan. Selain itu, biji wijen dan pistachio nougat jadi permen populer orang Palestina yang dikategorikan sebagai Turkish delight.

5. Minuman

Yuk Intip, Camilan hingga Minuman Enak Kesukaan Orang Palestina!Minuman susu hangat yang dipadu rempah dan kacang. Foto: Istimewa

Ada minuman tradisional yang terkenal di sini. Namanya Sahlab, ini merupakan minuman tradisional dengan tambahan es batu yang sering dijadikan sebagai hidangan penutup saat Ramadan. Selain Palestina, beberapa negara lain seperti Libanon, Siria dan Yordania juga sering membuat minuman ini.

Sebenarnya minuman ini menurut sejarahnya pertama kali muncul saat musim dingin tiba, karena bentuknya yang creamy mirip puding yang terbuat dari susu panas yang diberi rasa dengan disajikan dengan taburan cacahan kacang serta bubuk kayu manis.

Baca juga: Shashlik dan Kebab, Sate Enak dari Timur Tengah
(lus/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com