Senin, 16/10/2017 17:40 WIB

Benarkah Hanya Kafein yang Bikin Seseorang Tetap Melek Usai Minum Kopi?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Benarkah Hanya Kafein yang Bikin Seseorang Tetap Melek Usai Minum Kopi? Foto: Thinkstock
Banyak orang terbiasa minum kopi untuk mengawali hari. Ternyata bukan hanya kafein dalam kopi yang membuat seseorang terjaga, tindakan minum kopi itu sendiri juga mempengaruhi.

Para peneliti di Cornell University menemukan kebiasaan minum kopi lebih dari sekadar mengasup kafein ke dalam tubuh. Dikutip dari Asia One (8/10), penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food Science ini meminta partisipan mengungkap tingkat kewaspadaan mereka usai minum kopi.

Tak hanya itu, para partisipan juga diminta memperkirakan jumlah kafein dalam kopi yang mereka minum. Menariknya, partisipan merasa punya tingkat kewaspadaan yang sama usai minum kopi berkafein dan tidak. Mereka juga tak bisa memperkirakan apakah mengonsumsi kopi berkafein atau tidak.

Benarkah Hanya Kafein yang Bikin Seseorang Tetap Melek Usai Minum Kopi?Foto: iStock

Baca Juga: Peneliti Sebut Minum 4 Cangkir Kopi dalam Sehari Aman untuk Kesehatan

"Kami pikir mungkin ada efek plasebo atau pengkondisian dari tindakan sederhana berupa minum kopi," tutur peneliti senior, Robin Dando. Ia mengumpamakan hal ini dengan percobaan Pavlov terhadap anjing.

"Tindakan minum kopi, dengan aroma dan rasanya, biasanya diikuti oleh kewaspadaan. Jadi partisipan merasa tetap waspada meski kopi tidak mengandung kafein," lanjut Dando. Menurutnya yang terpenting adalah tindakan minum kopi.

Dando mengatakan, "Hanya dengan tindakan minum kopi bisa membuat Anda berpikir Anda sudah melakukan sesuatu yang membuat Anda lebih terjaga."

Baca Juga: Pilih Kopi Biasa Saja! Karena Kopi Tanpa Kafein Bisa Rusak Lapisan Ozon

Benarkah Hanya Kafein yang Bikin Seseorang Tetap Melek Usai Minum Kopi?Foto: iStock

Adapun bagian utama dari penelitian berjudul "Caffeine May Reduce Perceived Sweet Taste in Humans, Supporting Evidence That Adenosine Receptors Modulate Taste" ini menunjukkan selain bisa membuat seseorang terjaga, kafein juga menurunkan kemampuan mencecap rasa manis seseorang.

Hal inipun membuat seseorang menginginkan lebih banyak kafein lagi. "Ketika Anda minum kopi berkafein, hal ini akan mengubah persepsi rasa untuk jangka panjang. Jadi jika Anda makan langsung setelah minum kopi berkafein atau minuman berkafein lainnya, Anda akan merasakan makanan secara berbeda," pungkas Dando.

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com