Senin, 16/10/2017 14:12 WIB

Jajanan Pisang Populer

Mantap! Pisang Goreng Tanduk Mpo Nur Berukuran Jumbo

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Mantap! Pisang Goreng Tanduk Mpo Nur Berukuran Jumbo Foto: dok. detikFood
Di Manggarai ada penjual pisang goreng tanduk tradisional yang tersohor. Ukuran pisangnya jumbo dengan rasa manis legit. Cicip yuk!

Doyan pisang goreng kampung? Anda harus mampir ke Pisang Goreng Tanduk Mpo Nur. Di sini ada pisang tanduk berbalut tepung yang digoreng hangat-hangat.

Lokasi gerai Mpo Nur ada di dekat Stasiun Manggarai tepatnya di Jalan Manggarai Utara II Nomor 6. Meski hanya menempati bangunan sederhana, pisang goreng di sini laris diantre pengunjung setiap hari.

Mantap! Pisang Goreng Tanduk Mpo Nur Berukuran JumboGerai Mpo Nur yang Selalu Diantre Pembeli (Foto: dok. detikFood)

Mpo Nur sudah mulai berjualan pukul 5.30 pagi. Biasanya dagangan Mpo Nur habis sebelum pukul 10 pagi. Ia lalu istirahat dan kembali berjualan pukul 2 siang hingga 8 malam.

Yang dijajakan Mpok Nur sebenarnya sederhana yaitu pisang goreng tanduk berbalut tepung. Ukuran pisang goreng ini jumbo dengan rasa legit manis karena hanya memakai pisang matang.

Mampir ke Pisang Goreng Tanduk Mpo Nur, detikFood (12/10) sempat berbincang dengan Mpo Nur, sang penjual pisang goreng. Ia bercerita sudah berjualan sejak 2009.

"Awalnya pakai pisang uli, karena kosong waktu itu si penjual pisang suruh bawa pisang tanduk. Harga pisang tanduk itu satuan, ngga kaya pisang uli. Saya bilang waktu itu nggak ada uang karena mahal," ujar Mpo Nur mengawali cerita.

Tapi si penjual pisang rupanya bersikukuh menawarkan pisang tanduk untuk Mpo Nur. "Kata dia bawa aja kalau memang niat dagang. Dia juga bilang jangan potong kecil-kecil, potongnya belah dua biar orang tertarik," lanjut Mpo Nur.

Mantap! Pisang Goreng Tanduk Mpo Nur Berukuran JumboMpo Nur Berjualan Pisang Goreng Tanduk Sejak 2009 (Foto: dok. detikFood)

Sejak saat itu Mpo Nur berjualan pisang goreng tanduk. Jenis pisang yang dipakai harus pisang tanduk Sukabumi. Sambil membelah pisang, Mpo Nur mengatakan, "Pisangnya harus yang matang, kalau sepet nanti orang kecewa nggak balik lagi."

Pisang tanduk diantar langsung dari Sukabumi. "Awalnya pisang tanduk Lampung cuma dalemnya putih dan agak asem," tutur Mpo Nur.

Pisang diantar dua kali seminggu oleh penjual. Jika pisang belum matang, Mpo Nur akan menyimpannya dulu hingga warna pisang jadi kekuningan. Dalam sehari Mpo Nur bisa memakai 100 kg pisang tanduk.

Untuk pembuatannya, pisang tanduk dibelah dua dan dicelup ke dalam adonan tepung terigu dan tepung beras. Ada 4 wajan berisi minyak untuk menggoreng pisang. Mpo Nur menjelaskan, "Pisang digoreng sampai cokelat kekuningan aja. Cari tungku yang minyaknya panas."

(
Mantap! Pisang Goreng Tanduk Mpo Nur Berukuran JumboSehari Mpo Nur Bisa Habiskan 100 Kg Pisang Tanduk (Foto: dok. detikFood)

Satu buah pisang dijual Rp 2.500. Menantu Mpo Nur yang membantu berjualan mengatakan tak pernah menghitung pasti jumlah pisang yang terjual. "Karena orang kalau sekali beli itu banyak. Ada yang 100 ribu, 200 ribu atau 300 ribu," jelasnya.

Saat ditanya apa yang membuat pisang goreng tanduk di sini berbeda dengan yang lain, Mpo Nur hanya tertawa. "Apa ya...Ya biasa aja. Emang udah jalannya kali," pungkas wanita kelahiran Jakarta ini.

Dea dan Indri, salah satu pembeli bercerita baru pertama kali membeli pisang goreng tanduk Mpok Nur. "Kita penasaran aja karena tiap kali lewat selalu ramai. Ini pertama kali baru mau cobain," tutur keduanya. Sementara Hasan Weal memang sudah jadi pelanggan Mpo Nur. Ia menyukai aroma pisang goreng tanduk di sini.
(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com