Jumat, 13/10/2017 19:01 WIB

Kulit Mulus, Cerah dan Kencang dengan Rutin Konsumsi 10 Makanan Ini (1)

Sonia Permata - detikFood
Kulit Mulus, Cerah dan Kencang dengan Rutin Konsumsi 10 Makanan Ini (1) Foto: iStock
Ada cara alami untuk dapatkan kulit sehat dan cerah. Dimulai dari konsumsi makanan yang tepat seperti buah, ubi hingga teh hijau.

Sering beraktivitas di luar ruangan, membuat wajah dipenuhi oleh asap, debu, dan kotoran yang menempel di pori-pori kulit sehingga membuat kulit menjadi kusam dan tidak sehat.

Pembersih wajah dan scrub saja tidak cukup untuk mengembalikan kecerahan kulit. Dilansir dari Insider (09/17), solusi terbaik untuk memiliki kulit sehat adalah menggunakan metode alami dengan makan-makanan sehat berikut ini.

Kulit Mulus, Cerah dan Kencang dengan Rutin Konsumsi 10 Makanan Ini (1)Foto: iStock

1. Buah-buahan
Pada umumnya semua buah-buahan baik untuk kesehatan, namun buah jenis jeruk dan lemon merupakan buah yang paling bagus untuk peremajaan kulit. Selain itu, kulit dari buah alpukat juga memiliki banyak lemat sehat. Lemak sehat ini berguna untuk menjaga kulit tetap lembut dan lembab. Alpukat juga memiliki senyawa yang melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari.

2. Kenari
Kacang walnut atau kenari adalah sumber asam lemak esensial yang baik, yaitu lemak yang tidak dapat dibuat oleh tubuh. Kenari memiliki banyak lemak esensial seperti seng, vitamin E, vitamin C, selenium dan protein penting, yang smeuanya nutrisi yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat.

Kulit Mulus, Cerah dan Kencang dengan Rutin Konsumsi 10 Makanan Ini (1)Foto: ilustrasi/thinkstock

3. Biji bunga matahari
Secara keseluruhan, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit. Biji bunga matahari dinilai bagus untuk merawat kulit, karena mengandung asam linoleat, sejenis lemak yang bisa mencegah kulit kering dan penipisan lapisan kulit.

4. Ubi
Ubi jalar memiliki sumber beta karoten yang sangat baik, yang berfungsi sebagai tabir surya alami dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Kulit Mulus, Cerah dan Kencang dengan Rutin Konsumsi 10 Makanan Ini (1)Foto: Getty Images

5. Sayuran hijau
Bayam dan selada merupakan sumber utama vitamin dan mineral yang menjaga kesehatan kulit agar tetap bercahaya. Brokoli juga sangat penting untuk kulit karena mengandung sulforaphane, yang dapat membantu mencegah kanker kulit dan melindungi kulit dari sengatan matahari.

(adr/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com