Jumat, 13/10/2017 18:00 WIB

Jajanan Pisang Populer

Kriuk Renyah Keripik Pisang dengan Aneka Rasa Kekinian

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kriuk Renyah Keripik Pisang dengan Aneka Rasa Kekinian Foto: Istimewa
Selain digoreng atau dibakar, pisang juga enak dijadikan keripik. Camilan renyah ini sekarang ditambahkan rasa kekinian seperti matcha, smoked beef hingga susu.

Keripik pisang identik sebagai oleh-oleh khas Lampung. Di sana banyak penjual dan sentra oleh-oleh menawarkan keripik pisang aneka rasa.

Keripik pisang dibuat dari pisang yang sudah tua namun masih hijau alias masih keras dan setengah matang. Jenis pisang yang umum dipakai adalah kepok, raja, tanduk, kapas, nangka atau pisang Ambon.

Kriuk Renyah Keripik Pisang dengan Aneka Rasa KekinianFoto: Istimewa

Proses pembuatannya cukup mudah. Pisang yang sudah dikupas, diiris melintang, bujur atau miring. Biasanya ukuran irisannya tipis sehingga tekstur keripik pisang nantinya garing.

Selanjutnya pisang direndam dalam larutan kapur sirih agar renyah. Beberapa penjual juga merendam irisan pisang dalam larutan garam agar rasanya gurih.

Pisang kemudian digoreng dalam minyak panas hingga seluruh permukaannya terendam. Proses penggorengan dilakukan hingga pisang garing berwarna kuning keemasan.

Bukan hanya original, keripik pisang Lampung kini punya banyak varian rasa. Mulai dari keju, cokelat, asin hingga manis pedas.

Kriuk Renyah Keripik Pisang dengan Aneka Rasa KekinianFoto: Istimewa

Salah satu merek keripik pisang populer dari Lampung adalah Keripik Pisang Suseno. Kabarnya merek ini jadi pelopor keripik pisang rasa cokelat. Ada juga varian rasa lain seperti cokelat karamel, cokelat original. keju, asin, manis, dan kopi.

Yang juga populer adalah Keripik Pisang Aneka Yen Yen. Bentuk keripik pisangnya memanjang dengan tekstur empuk dan kemanisan yang pas. Ada pilhan rasa manis, asin, cokelat, susu, strawberry, melon, mocca, dan keju.

Tak hanya dari Lampung, keripik pisang kekinian dengan kemasan dan pilihan rasa modern sekarang mudah ditemui. Mr Monkey, misalnya, menggunakan kemasan layaknya snack kekinian.

Kriuk Renyah Keripik Pisang dengan Aneka Rasa KekinianFoto: Istimewa

Ada 4 varian rasa Mr Monkey yaitu cokelat, susu, kopi, dan strawberry. Keunikan Mr Monkey adalah potongan pisangnya kecil, agak tebal, dan bergelombang. Rasa cokelat jadi varian favorit karena bubuk cokelatnya royal dan terasa manis enak.

Ada juga Keripik Pisang Zanana dari Bandung. Berdiri sejak 2013, keripik pisang ini tawarkan 5 varian rasa yaitu Brown Chocolate, Creamy Milk, Green Thai Tea, Smoked Beef, dan Classy Spicy. Keripik pisang rasa green tea dan classy spicy di Zanana banyak digemari.

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com