Senin, 11/09/2017 16:35 WIB

Sushi Kekinian

5 Sushi Ini Diberi Topping Tak Biasa, Mulai dari Daging Kuda Hingga Sperma Ikan

Lusiana Mustinda - detikFood
5 Sushi Ini Diberi Topping Tak Biasa, Mulai dari Daging Kuda Hingga Sperma Ikan Foto: Istimewa
Mengolah sushi memang beragam caranya. Tidak hanya bahan mainstream, sushi juga dibuat dengan topping tak biasa. Ada daging kuda hingga serangga.

Sushi yang asalnya dari Jepang ini memang sudah mendunia. Selain dibuat dengan topping enak seperti salmon, keju serta tuna. Dibeberapa negara juga menyajikan sushi dengan bahan tak biasa. Bahkan, salah satu chef membuat sushi dengan lembaran emas sebagai lapisannya.

1. Sushi emas

Sushi dengan lapisan emas.Sushi dengan lapisan emas. Foto: Istimewa

Tokusen Kaisen Jyuni Hitoe Maki yang merupakan sushi dengan nori berlapis warna emas ini dijual dengan harga cukup fantastis. Satu kotaknya dibandrol dengan harga 10.800 yen atau sekitar Rp 1.287.000. Bahan-bahannya terbuat dari tuna dari Oma, Aomori, ikan buntal Jepang dari Hyogo, ikan bawal merah, ikan kerapu longtooth dan cumi-cumi oval dari Nagasaki.

Ada juga beberapa tambahan bahan lain yaitu udang kuruma dari Ehime, abalone kukus dan belut conger rebus dari Miyazaki, kepiting horsehair, ikan telur herring asin, acar telur ikan salmon dan bulu babi segar dari Hokkaido. Lapisan emasnya melambangkan keberuntungan dan rezeki. Sehingga sushi roll ini dijadikan sebagai ritual mengusir kejahatan dan mengundang keberuntungan.

Baca juga: Nyam! Sushi Roll Lambang Keberuntungan Seharga Rp 1,3 Juta Ini Berlapis Emas

2. Sushi daging kuda

Sushi daging kuda.Sushi daging kuda. Foto: Istimewa

Umumnya, sushi dibuat dengan topping berupa seafood segar, telur dan juga sayuran. Akan tetapi lain halnya di restoran ini yang justru menggunakan daging kuda untuk topping sushinya. Kagurazaka Nikusushi, sebuah restoran yang ada di Shibuya dan Ebisu, Tokyo, Jepang. Daging kuda juga dikenal rendah kalori, rendah lemak, dan tinggi protein.

Sushi daging kuda yang dibandrol dengan harga 1.600 yen atau sekitar Rp 176.000. Dalam satu porsinya terdiri dari dua potong daging tanpa lemak, harami (bagian perut), nakaochi (bagian punggung) dan negitoro (daging berlemak dan daun bawang yang dibalut nori). Bagaimana tertarik kah untuk mencobanya?

Baca juga: Mau Mencicipi Sushi yang Sensasional? Cobalah Sushi Daging Kuda di Restoran Ini

3. Sushi ketiak

5 Sushi Ini Diberi Topping Tak Biasa, Mulai dari Daging Kuda Hingga Sperma IkanSushi ketiak yang menjijikan. Foto: Istimewa

Sushi fusion memang bukan hal baru. Seperti sushi burger, sushi donat, dan sushi pizza. Tapi bagaimana jika sushi ketiak masuk dalam daftar tersebut. Jepang bahkan sudah mengembangkan beberapa rasa untuk sajian aneh ini.

Seorang gadis akan mempersiapkan sushi, menggulung bola nasi di ketiaknya kemudian menaburkan biji wijen di bawah ketiaknya. Untuk mempertahankan bentuknya, sushi akan dihimpit sebelum disajikan. Sejauh ini, pria beranggapan sushi ini lebih lezat dibandingkan sushi fusion biasa. Hiii, menjijikan ya!

4. Sushi serangga

Sushi bertopping serangga.Sushi bertopping serangga. Foto: Istimewa

Sushi yang satu ini memang terlihat sangat aneh dan tak sama sekali menggugah selera. Shiochi Uchiyama dan Istrinya, Chisato sangat menyukai sushi tak biasa ini. Merekapun berhasil menerbitkan buku berjudul 'Fun Insect Cooking'. Beberapa menunya ada yang menggunakan serangg yang sudah digoreng dan mentah.

Serangganya terdiri dari ulat, kecoa, belalang hingga sejenis kumbang. Berani coba?

5. Sushi sperma ikan

Sushi dengan paduan sperma ikan.Sushi dengan paduan sperma ikan. Foto: Istimewa

Hidangan ini termasuk yang paling aneh di Jepang. Namanya Shirako, ini adalah sperma ikan yang masih mengandung cairan. Sushi ini bisa ditemukan di beberapa pub Jepang hingga sushi bar dan sangat populer di kalangan penduduk setempat.

Konon, sperma ikan ini punya nutrisi yang dianggap baik. Tapi bagaimana ya rasanya?

(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com