Minggu, 13/08/2017 10:51 WIB

Kenali 12 Ciri Restoran yang Makanan dan Layanannya Buruk (1)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kenali 12 Ciri Restoran yang Makanan dan Layanannya Buruk (1) Foto: iStock
Bagus atau tidaknya sebuah restoran bisa dikenali dari hal berikut. Mulai dari cara melayani hingga menghitung pesanan pengunjung.

Suka bersantap di restoran? Coba perhatikan 12 hal yang dirangkum Mashed (13/8) ini. Ada beberapa hal yang mencirikan kualitas pelayanan restoran.

1. Tidak ada yang menyapa di depan pintu

Kenali 12 Ciri Restoran yang Makanan dan Layanannya Buruk (1)Foto: MSN

Restoran yang bagus akan menempatkan pegawai di depan untuk menyambut Anda. Pegawai bertugas mencarikan meja sekaligus mengantar Anda sampai ke tempat duduk. Sebaliknya, ciri restoran yang kurang bagus tidak menugaskan pegawai untuk menyambut Anda. Sering kali Anda juga perlu menunggu meja terlalu lama atau harus memanggil pegawai sebelum dilayani.

Adanya pegawai yang menyambut tamu adalah impresi pertama yang perlu dibentuk restoran. Pasalnya ketiadaan pegawai di depan menandakan restoran tidak punya manajemen pelayanan yang bagus.

2. Anda 'dicuekkin'

Kenali 12 Ciri Restoran yang Makanan dan Layanannya Buruk (1)Foto: iStock

Ada aturan utama di industri restoran bahwa tamu harus disapa dalam 60 detik pertama. Meski tidak langsung dilayani, paling tidak pegawai menyambut Anda terlebih dulu. Ini adalah ciri restoran yang bagus.

Jika pegawai banyak yang sibuk, restoran yang bagus akan menugaskan tim mereka atau bahkan manajer untuk langsung menyapa Anda. Kalau Anda menunggu terlalu lama tanpa disapa, mendapat buku menu atau 'dicuekkin' oleh pegawai yang lewat, restoran sudah dipastikan berkualitas buruk.

3. Meja atau buku menu kotor

Kenali 12 Ciri Restoran yang Makanan dan Layanannya Buruk (1)Foto: iStock

Kebersihan adalah aspek utama kualitas restoran. Anda bisa melihatnya dari meja, alat makan atau buku menu restoran. Ketiganya memang rentan kotor karena dipakai dan dipegang tamu berbeda-beda setiap harinya. Tapi restoran yang bagus akan selalu membersihkan alas/permukaan meja, buku menu, maupun alat makan secara menyeluruh.

4. Piring kotor tidak langsung diangkat

Kenali 12 Ciri Restoran yang Makanan dan Layanannya Buruk (1)Foto: Forbes

Pernah melihat meja-meja restoran dipenuhi tumpukan piring kotor dalam waktu lama? Hal ini seharusnya tidak terjadi di restoran bagus. Pegawai harus cekatan mengangkat piring, gelas dan alat makan kotor di atas meja.

Tak hanya itu, pegawai juga perlu membersihkan remahan sisa makanan di atas meja lalu mengelapnya. Terlebih jika meja sebelumnya dipakai anak kecil. Aneka botol bumbu di atas meja juga seharusnya dilap cepat.

5. Pegawai tidak maksimal melayani

Kenali 12 Ciri Restoran yang Makanan dan Layanannya Buruk (1)Foto: iStock

Sama halnya dengan kita, pegawai restoran adalah manusia yang kadang dipengaruhi mood dalam bekerja. Tetapi industri restoran sudah menempa mereka untuk selalu memberi pelayanan terbaik termasuk profesional dalam bekerja.

Jika Anda melihat pegawai asyik sendiri dengan urusannya, ke sana ke sini untuk menghindari melayani tamu, atau perlu dipanggil berkali-kali sebelum melayani permintaan Anda, ini adalah ciri restoran yang buruk.

6. Manajer tidak membantu

Kenali 12 Ciri Restoran yang Makanan dan Layanannya Buruk (1)Foto: iStock

Manajer dan pemilik restoran sepatutnya turun tangan membantu pegawainya saat di jam sibuk. Ini adalah ciri restoran yang bagus. Kebiasaan ini dinilai baik bagi restoran ke depannya karena membuat tamu senang berarti meningkatkan keuntungan bagi restoran ke depannya.


(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com