Senin, 26/06/2017 13:33 WIB

Kahk hingga You Xiang, Sajian Idul Fitri Khas Mesir dan China

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kahk hingga You Xiang, Sajian Idul Fitri Khas Mesir dan China Foto: Istimews
Idul Fitri dirayakan seluruh warga Muslim di dunia. Tak terkecuali di Mesir, Rusia hingga China yang juga menyuguhkan makanan khas nan lezat.

Hari raya makin meriah dengan kehadiran aneka makanan enak. Jika di Indonesia ada ketupat, opor ayam dan rendang, negara-negara berikut juga punya menu makanan khas yang tak kalah enak.

1. Suriah
Mirip seperti di Indonesia, keluarga Muslim di Suriah merayakan Idul Fitri dengan berkumpul bersama keluarga, teman dan tetangga. Sajian khasnya puding bernama Mamounia. Puding semolina ini enak disajikan hangat maupun dingin. Biasanya didekorasi dengan potongan almond dan bubuk kayu manis. Mamounia juga enak disantap dengan string cheese, krim dan roti pita.

Kahk hingga You Xiang, Sajian Idul Fitri Khas Mesir dan ChinaFoto: Istimews

2. Mesir
Seperti halnya berbuka puasa, saat mengawali pagi Idul Fitri, masyarakat Mesir juga sarapan kurma dan segelas susu. Mereka juga mengonsumsi Kahk, cookies Idul Fitri khas Mesir yang terbuat dari semolina lalu diisi kurma, madu, walnut atau pistachio.

3. Afghanistan
Di Afghanistan Idul Fitri dianggap sebagai harinya anak-anak. Merekapun menyiapkan segala sesuatunya termasuk Bolani. Panganan ini berupa flatbread yang diisi bayam, labu, kentang atau lentil hijau.

Kahk hingga You Xiang, Sajian Idul Fitri Khas Mesir dan ChinaFoto: Istimews

4. Rusia
Populasi Muslim di Rusia mencapai 16 juta orang. Saat Idul Fitri, mereka menikmati Manti yaitu dumpling empuk gurih isi daging sapi atau domba.

5. India
Ada 180 juta Muslim di India yang merayakan Idul Fitri tiap tahunnya. Perayaan makin meriah dengan hadirnya Sevaiyan ki Kheer. Berupa dessert berbahan bihun yang diberi topping irisan almond.

Kahk hingga You Xiang, Sajian Idul Fitri Khas Mesir dan ChinaFoto: Istimews

6. China
Meski bukan mayoritas, warga Muslim di China tetap semangat menyambut Idul Fitri. Umumnya mereka menikmati You Xiang sebagai santapan. Camilan ini dibuat dari tepung terigu yang digoreng. Bisa dimakan dengan sup atau nasi.
(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com