Minggu, 25/06/2017 12:40 WIB

Sajian Lezat untuk Hari Raya

Tata Meja Makan dengan Tips Ini Supaya Lebih Menarik dan Praktis

Maya Safira - detikFood
Tata Meja Makan dengan Tips Ini Supaya Lebih Menarik dan Praktis Foto: iStock
Saat lebaran tentu ada banyak suguhan di meja makan. Supaya tampak lebih menarik ketika tamu datang, tata meja dengan beberapa cara ini.

Penataan meja makan bisa mempermudah tamu mengambil makanan. Tidak hanya itu, meja makan juga akan terlihat lebih rapi. Berikut tips yang bisa Anda lakukan saat menata meja.

Tata Meja Makan dengan Tips Ini Supaya Lebih Menarik dan PraktisMenyusun Makanan Utama di Meja Paling Besar (Foto: iStock)

1. Meja makan

Jika Anda memakai beberapa meja, manfaatkan meja paling besar untuk makanan utama. Misalnya ketupat, opor, rendang, gulai, dan lainnya. Makanan seperti kerupuk, serundeng dan pelengkap lainnya bisa ditempatkan di sisi pinggir meja. Sementara minuman, dessert, kue dan buah dapat ditaruh pada meja terpisah yang lebih kecil.

Namun jika hanya memakai satu meja, letakkan semua makanan di atasnya. Atur susunan seperti makanan utama di bagian tengah dan makanan penutup di bagian pinggir meja. Urutan makanan perlu diperhatikan supaya memudahkan tamu mengambilnya.

2. Taplak

Sebaiknya lapisi taplak meja dengan plastik. Ini bisa mengurangi cipratan kuah lauk ke taplak. Alternatif lainnya, gunakan taplak meja warna gelap supaya sisa cipratan lauk tak begitu terlihat.

Tata Meja Makan dengan Tips Ini Supaya Lebih Menarik dan PraktisMeja Lebaran Bisa Dibuat Menarik dengan Penggunaan Dekorasi (Foto: iStock)

3. Peralatan makan

Saat lebaran umumnya tamu akan mengambil sendiri makanan di meja. Alat makan seperti piring, sendok, garpu hingga mangkuk sup bisa ditaruh dekat meja makan prasmanan. Bila di meja masih ada tempat, taruh alat makan di bagian paling awal sebelum lauk. Pastikan juga ada tisu makan tersedia.

4. Dekorasi

Supaya meja makan tampak lebih cantik dan menarik, hiasi dengan beberapa dekorasi. Tapi jangan berlebihan. Anda bisa memakai peralatan makan yang bagus atau dekorasi bertema lebaran. Selain itu manfaatkan juga centerpiece seperti bunga segar atau lilin warna warni di bagian tengah meja.


(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com