Sabtu, 24/06/2017 13:11 WIB

Sajian Lezat untuk Hari Raya

Mau Masak Rendang Enak? Ini Bumbu Wajib hingga Proses Masaknya

Maya Safira - detikFood
Mau Masak Rendang Enak? Ini Bumbu Wajib hingga Proses Masaknya Foto: iStock
Sedang masak rendang untuk lebaran? Ketahui dulu bahan wajib hingga ragam jenis rendang Minang. Tak ketinggalan tips agar tak gagal bikin rendang.

Meski rasanya lezat, butuh waktu lama dalam memasak rendang. Sehingga makanan asal Sumatera Barat ini sering identik dengan proses masak yang rumit. Supaya lebih memahaminya, ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui. Tak sempat masak? Cari tahu di sini tempat makan rendang enak.

Mau Masak Rendang Enak? Ini Bumbu Wajib hingga Proses MasaknyaFoto: Rendang Minang berbahan daging (iStock)


1. Rendang Minang dan jenisnya
Rendang berasal dari kata 'marandang' yaitu proses memasak untuk menihilkan air. Proses masaknya sekitar 7-8 jam sampai daging jadi kering, minyak naik dan air nihil.

Di Sumatera Barat, ada ragam jenis rendang. Seperti rendang dengan isi ayam, paru, kentang, belut, udang, telur, itik, ikan, belut hingga daun-daunan. Rendang juga bisa dipadukan dengan tambahan singkong, kelapa atau kacang merah. Info lengkap seputar rendang Minang bisa dilihat dalam infografis rendang ini.

2. Bumbu wajib
Kelezatan rendang tidak lepas dari ragam rempah yang digunakan. Untuk bumbu wajib dalam membuat rendang terdiri dari bawang putih, bawang merah, jahe, laos, cabai merah, daun kunyit dan daun jeruk. Diluar itu, orang Minang kadang memberi tambahan rempah lain. Mau tahu lebih banyak? Ini bumbu rahasia rendang Minang yang membuatnya sedap.

Mau Masak Rendang Enak? Ini Bumbu Wajib hingga Proses MasaknyaFoto: Bumbu wajib dalam rendang (Detikfood)


3. Santan dalam rendang
Selain bumbu, pemakaian santan juga ikut berperan dalam kenikmatan rendang. Pada rendang Minang tradisional, santan wajib digunakan. Untuk 1 kg daging, pemakaian santan dari 3-4 butir kelapa. Bagaimana dengan pemakaian santan instan atau susu pada rendang? Ini penjelasan dari ahli kuliner Sumatera Barat.

4. Proses masak rendang
Pembuatan rendang melalui tiga tahapan yaitu gulai, kalio dan rendang. Namun orang masih banyak yang menyebut kalio sebagai rendang. Penjelasan beda kalio dan rendang bisa dilihat di sini.

Mau Masak Rendang Enak? Ini Bumbu Wajib hingga Proses MasaknyaFoto: Proses memasak rendang (Detikfood)


5. Kegagalan membuat rendang
Banyak faktor yang membuat rendang enak. Kegagalan proses masak bisa terjadi karena cara pengadukan hingga penggunaan bahan tidak segar. Mengakibatkan rendang agak pahit, tidak keluar minyak, dan masih banyak lagi. Ketahui 4 kegagalan masak rendang dan cara mengatasinya di sini.

6. Resep rendang
Sedang mencari resep rendang yang cocok untuk lebaran? Detikfood punya beberapa ide yang bisa dicoba. Seperti Rendang Padang, Rendang Udang atau Rendang Daging Cincang.

Mau Masak Rendang Enak? Ini Bumbu Wajib hingga Proses MasaknyaFoto: Sajian rendang Minang (Detikfood)


7. Tempat pesan rendang
Rendang kerap jadi andalan lebaran. Kalau tak sempat bikin atau terlambat pesan rendang, alternatifnya adalah membeli langsung di rumah makan Minang. Lima tempat ini punya sajian rendang enak.
(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com