Selasa, 20/06/2017 16:52 WIB

Seafood 45: Huah! Disengat Pedasnya Kepiting Saus Padang

Lusiana Mustinda - detikFood
Seafood 45: Huah! Disengat Pedasnya Kepiting Saus Padang Foto: detikFood
Melintasi kawasan Fatmawati yang macet, Anda bisa mampir ke warung seafood ini. Ada beragam seafood segar bisa dipilih lengkap dengan sausnya.

Berbuka puasa kali ini tak ada salahnya untuk mencicip aneka seafood lezat. Kalau sedang melintas di daerah Fatmawati, selain Santiga Seafood Anda juga bisa mampir ke warung seafood lain, Seafood 45.

Warung ini sudah cukup lama dikenal karena sudah beroperasi sejak 10 tahun lalu. Seperti warung seafood lain, di sini juga ada beragam jenis seafood segar yang bisa dipilih. Ada udang, kepiting, kerang dara, kerang hijau dan aneka ikan. Tinggal pilih 4 jenis saus yaitu saus padang, saus tiram, mentega hingga asam manis untuk melengkapi seafood ini.

Seafood 45 yang punya kepiting enakSeafood 45 yang punya kepiting enak. (Foto: detikFood)

Baca juga: Ini Dua Warung Seafood Legendaris di Jakarta.

Baik udang, ikan, kepiting hingga kerang, semuanya dipasok segar. Sudah dekat dengan waktu berbuka, akhirnya kami memesan sajian yang jadi favorit di sini. Ikan kuwe bakar (Rp 90.000), kepiting saus padang (Rp 120.000), kerang ijo saus tiram (Rp 30.000) dan cah kangkung (Rp 20.000).

Wah, aroma wangi seafood yang sedang dibakar sangat menggelitik hidung. Bikin perut makin lapar.Santapan kami awali dengan kepiting. Satu ekor kepiting (500 gram) jantan, setengah porsi, dimasak dengan bumbu cabe.

Kepiting saus PadangKepiting saus Padang. (Foto: detikFood)
Kepiting jantan yang tak terlalu padat digenangi saus Padang yang merah oranye dengan aroma menyengat. Ada jejak bawang putih dan irisan bawang bombay serta cabai rawit merah yang renyah pedas.

Kuahnya yang tergenang terasa enak diaduk dengan nasi hangat. Makan kepiting ini juga tak perlu susah mengeluarkan dagingnya. Cangkangnya sudah di keprek sehingga gampang dicukil dagingnya.

Kerang hijau berukuran agak besar dibumbui saus tiram juga tak kalah menggoda.. Kerang hijau ukuran sedang digoreng sebentar dibalut saus tiram. Warna kecokelatan, kental dengan irisan daun bawang, cabai dan potongan tomat. Menebarkan saus tiram yang gurih sedap.

Kerang hijau saus tiramKerang hijau saus tiram. (Foto: detikFood)
Daging kerangnya terasa kenyal tapi tak lembut tanpa jejak rasa amis. Ada rasa jahe yang seidkit pedas dan saus tiram serta bawang putih yang sedap.

Baca juga: Rumah Makan Pesona: Lembut Gurih Ikan Kuwe Bakar Berbumbu Makassar.

Ikan kuwe bakar dengan paduan dua jenis sambalIkan kuwe bakar dengan paduan dua jenis sambal. (Foto: detikFood)
Pencinta ikan laut harus coba ikan kuwe bakarnya. Ikan kuwe berukuran agak besar diolesi bumbu kuning. Dibakar agak kecokelatan sehingga hasilkan aroma sedap dan gurih khas kunyit. Bagian dalam dagingnya terasa lembut tapi teksturnya agak kering. Sangat cocok dinikmati bersama dengan dua jenis sambal yaitu sambal kecap plus irisan rawit dan juga sambal terasi. Sedikit kucuran air jeruk nipis akan membuat rasanya makin segar mantap.

Baca juga: Seafood Ibu Ary 28: Gurih Wangi Ikan Masak Tauco dan Cumi Saos Padang.

Cah kangkung enak untuk teman makan kepiting dan nasiCah kangkung enak untuk teman makan kepiting dan nasi. (Foto: detikFood)
Ikan bakar ini cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat serta paduan cah kangkung. Kangkung yang ditumis dengan paduan kuah cokelat punya rasa gurih. Tidak hanya perpaduan bawang putih akan tetapi juga sedikit tambahan tauco sehingga aromanya wangi dengan rasa lebih gurih.

Walaupun agak ramai pada jam buka puasa, sebaiknya Anda datang lebih awal. Warung ini bisa jadi rekomendasi makan seafood enak di kawasan Fatmawati. Selamat berbuka!

Seafood 45
Jl. RS Fatmawati No. 45
Telp: 081294473093


(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com