Minggu, 18/06/2017 16:57 WIB

Kue Lebaran Indonesia

4 Jenis Keju Ini Paling Cocok untuk Bikin Kaastengels

Maya Safira - detikFood
4 Jenis Keju Ini Paling Cocok untuk Bikin Kaastengels Kaastengels atau Kue Batang Keju (Foto: iStock)
Kaastengels termasuk kue kering yang tak terlewatkan saat lebaran. Dalam pembuatannya, kue ini bisa divariasikan dengan berbagai jenis keju.

Dalam bahasa Belanda, kaastengels berarti 'kue batang keju'. Sehingga bentuknya seperti batang atau segi empat.

Tentu saja keju jadi bahan utama yang menentukan kelezatan kaastengels. Menurut ahli pastry Indonesia, chef Yongki Gunawan, biasanya keju yang dipakai untuk kaastengels merupakan keju tua. Ada empat jenis seperti Edam, Parmesan, Natural, dan Gouda.

4 Jenis Keju Ini Paling Cocok untuk Bikin KaastengelsKeju Edam atau Keju Apel yang Umum untuk Kaastengels (Foto: iStock)

"Nah boleh pilih salah satu. Tapi orang sini umumnya pakai keju bola atau apel yaitu Edam. Notabene pabriknya ada di Blitar," ujar chef Yongki kepada Detikfood.

Selain keju Edam, chef Yongki menyebut ada parmesan. Edam yang didiamkan nantinya hancur jadi parmesan bubuk.

"Parmesan difermentasi nanti menggumpal, namanya Natural. Wanginya seperti Parmesan, harganya lebih mahal," jelas chef Yongki mengenai jenis keju. Keju Natural dikatakan tidak wangi saat dicium, tapi baru wangi ketika dipanggang.

Parmesan yang difermentasi lagi hingga hancur disebut Gouda. "Gouda difermentasi lagi sampai hijau-hijau seperti jamur, baunya pesing. Untuk kaastengels paling batasnya di Gouda," tambah chef Yongki.

4 Jenis Keju Ini Paling Cocok untuk Bikin KaastengelsAlternatif Keju untuk Kaastengels yang Lebih Enak, Gouda (Foto: iStock)

Keju Gouda disebut paling mahal. Harga 1 kg saja sudah mencapai sekitar Rp 300.000. Yang lebih murah ada keju Natural yang harganya lebih dari Rp 200.000.

Untuk pembuatan kaastengels, tentu ada takaran penggunaan keju. "Ada perbandingan (keju). Kebanyakan keju nanti keras. Parmesan juga jangan dimasukin ke kue kering karena nanti adonannya basah terus. Jadi taburan saja," pungkasnya.

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com