Sabtu, 17/06/2017 14:00 WIB

Mau Beli Nastar? Coba Kenali Dulu Ciri-ciri Nastar Enak Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood
Mau Beli Nastar? Coba Kenali Dulu Ciri-ciri Nastar Enak Ini Foto: detikFood
Kok mahal? Mungkin Anda kaget kue nastar satu stoples harganya Rp 100 ribu. Tergantung selera dan bahan, harga nastar juga beragam.

Hampir semua toko kue, industri rumahan dan toko online menawarkan kue nastar buat lebaran. Harganya ada yang Rp 60 ribu hingga Rp 150 ribu per stoples plastik. Yang harganya mahal, belum tentu enak rasanya.

Bagaimana memilih dan mengenali nastar yang enak dan kurang enak. Coba cek dulu beberapa hal ini, sebelum tentukan pilihan. Lebih baik jika Anda bisa mencicipi sebelum membeli.

1.Bentuk
Nastar berbentuk lembut Nastar berbentuk bulat yang lembut (Foto: nastar)
Umumnya kue nastar dibentuk bola bulat. Tetapi ada juga yang memakai bentuk lain. Ukurannya sama meski dibentuk dengan tangan.

Pilih yang tidak terlalu mulus halus, tetapi ada tekstur kue seperti layaknya kue kering. Ini sebagai tanda kue renyah atau cukup memakai butter atau lemak. Kue yang gundul halus umumnya terlalu banyak memakai tepung.

Baca Juga : Tidak Hanya Bulat Kue Nastar Juga Punya Aneka Bentuk

2.Olesan kuning telur

Nastar dengan olesan kuning telurNastar dengan olesan kuning telur (Foto: iStock)
Hampir sebagian besar kue nastar diolesi dengan kuning telur. Tetapi ada yang berupa kuning telur asli tetapi ada juga kuning telur buatan khusus untuk olesan.

Kue nastar dengan olesan kuning telur asli warnanya kuning pucat dan sedikit tidak merata. Sedangkan yang memakai kuning telur buatan umumnya tebal, warnanya kuning sedikit kcokelatan. Seperti membentuk lapisan di permukaan kue.

3.Tekstur kue

Nastar yang lembut crunchyNastar yang lembut crunchy (Foto: iStock)
Jika digigit kue crunchy, renyah khas kue kering, berarti kue memakai komposisi bahan seimbang. Tetapi jika digigit terasa tepung halus yang berantakan, berarti kue nastar memakai campuran banyak tepung maizena dan bahan pelembut.

4. Selai nanas
Isian selai nanas dalam nastarIsian selai nanas dalam nastar (Foto: iStock)
Jika dipotong atau digigit selai nanas terasa keras seperti permen, tandanya selai terlalu banyak gula. Sudah pasti rasanya sangat manis.

Sebaliknya pilih kue nastar dengan selai kering, mudah digigit dan masih punya rasa asam segar nanas. Ini berarti selai nanas dibuat dengan baik.

Baca Juga : Nanas untuk Selai Sebaiknya Diparut atau Diblender?

5.Aroma

Nastar yang beraroma enakNastar yang beraroma enak (Foto: iStock)
Kue nastar yang enak akan beraroma mentega dan telur yang wangi khas cookies. Tak ada jejak aroma amis telur meskipun memakai olesan telur. Panggangan kue juga merata kecokelatan hingga ke bagian bawah. Jika diberi tambahan keju parut akan punya aroma keju panggang yang wangi.

Tetapi ada juga kue nastar yang beraroma tepung dan sedikit anyir. Hasil panggangan juga tidak merata.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com