Selasa, 13/06/2017 16:22 WIB

Nyai Rasa: Sedap! Sop Iga Garang Asem yang Gurih Segar

Lusiana Mustinda - detikFood
Nyai Rasa: Sedap! Sop Iga Garang Asem yang Gurih Segar Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Di restoran ini Anda bisa mencicip sajian garam asem enak. Selain itu, ada juga nasi cumi hingga ayam mangga kecombrang yang sedap disantap dengan nasi hangat.

Masakan tradisional selalu bisa memuaskan selera. Salah satu makanan yang paling wajib Anda coba adalah sop iga garang asem dan ayam mangga dengan perpaduan kecombrang.

Nyai Rasa yang berada di kawasan Cipete, Jakarta Selatan bisa jadi rekomendasi buka puasa bersama keluarga. Nyai Rasa memiliki suasana yang homey dengan sentuhan beberapa karya seni unik. Di dalam restorannya terdapat beberapa sentuhan China dengan ukiran kayu Jawa dengan warna-warni terang.

Di Nyai Rasa, Anda bisa cicip sop iga garang asem enakDi Nyai Rasa, Anda bisa cicip sop iga garang asem enak Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Melihat buku menunya, Anda akan disajikan dengan deretan beberapa masakan Indonesia. Ada sop iga garang asem, nasi cumi hitam, ayam goreng nyai rasa, gurame bakar, ayam mangga kecombrang hingga sajian western populer seperti pasta hingga salad.

Untuk menu berbuka kali ini, kami memesan sop iga garang asem (Rp 75.000), ayam mangga kecombrang (Rp 38.500) dan nasi cumi hitam (Rp 40.000).

Sop iga garam asem bisa jadi pilihan yang tepat saat Anda ingin menikmati sajian berkuah hangat. Potongan daging iga berukuran agak besar punya tekstur yang empuk. Kami menduga daging iga dimasak selama berjam-jam hingga teksturnya kenyal empuk saat dimakan. Sedangkan kuahnya kental tapi tidak dicampur dengan santan.

Sop iga dengan kuah garang asem enak disantap dengan nasi hangatSop iga dengan kuah garang asem enak disantap dengan nasi hangat Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Garang asem yang satu ini tidak disajikan dalam daun pisang, melainkan wadah stainless dengan pemanas dibawahnya. Kuahnya yang kental dengan warna kuning oranye tidak dicampurkan dengan santan. Setelah menyeruput kuahnya, kami menduga ada jejak rasa kemiri, bawang putih, bawang merah, kapulaga serta rempah lain yang hasilkan rasa gurih serta campuran asam yang berasal dari tomat dan belimbing wuluh.

Selain garang asem iga, ada juga ayam mangga kecombrang yang gurihSelain garang asem iga, ada juga ayam mangga kecombrang yang gurih Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Hampir sama dengan garang asem yang segar. Sajian ayam yang satu ini juga punya rasa gurih dengan sentuhan asam enak. Potongan daging ayam dilapisi dengan tepung roti yang renyah. Disiram dengan saus cokelat kental yang dicampur dengan saus plum yang agak manis. Rasa gurih dan manisnya seimbang saat ditambahkan dengan irisan mangga muda yang asam dengan paduan kecombrang wangi. Sedap!

Nasi cumi hitam ini bisa jadi pilihan menu nasi enak di Nyai RasaNasi cumi hitam ini bisa jadi pilihan menu nasi enak di Nyai Rasa Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Selain pilihan nasi putih, Anda juga bisa mencoba nasi hitam yang terbuat dengan campuran cumi. Tidak seperti nasi goreng yang ditambah dengan tinta cumi, sajian nasi ini dimasak dengan cara dikukus dengan campuran bumbu hitam cumi. Aromanya gurih dengan potongan cumi kenyal yang dicampur dengan potongan cabai merah dan hijau.

Sajian nasi hitam ini sangat pas dinikmati bersama dengan lalapan dan kerupuk yang renyah. Enak dan mengenyangkan!

Puas menyantap sajian yang gurih, Anda juga bisa memesan aneka smoothies yang cocok jadi pembangkit energi selepas berbuka dan beberapa camilan manis yang tentu tak boleh Anda lewatkan.

Tertarik mencicip sajian enak di Nyai Rasa? Langsung saja datang ke sini.

Nyai Rasa
Jl. Cipete Raya No. 65
Fatmawati, Jakarta Selatan
Telp: (021) 29125588


(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com