Minggu, 11/06/2017 08:35 WIB

Chocolate Story Cooking Class

Tartlet Cokelat Kurma yang Istimewa dengan Saus Pistachio

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Tartlet Cokelat Kurma yang Istimewa dengan  Saus Pistachio Foto: detikfood
Tartlet tak hanya enak diberi topping buah. Pastry ini bisa dibuat lebih istimewa dengan chocolate ganache, cincangan kurma dan saus pistachio.

Dalam cooking class spesial ramadan ini, peserta makin antusias saat Chef Daniel Patterson mempraktekkan pembuatan tartlet (10/6). Ia menggunakan tartlet cokelat siap pakai berdiameter 7 cm sebagai dasar dessertnya.

"Dessert ini sangat sederhana dan mudah dibuat sendiri di rumah," tutur Chef Daniel di awal pembuatan resep keduanya.

Tartlet Cokelat Kurma yang Istimewa dengan  Saus PistachioFoto: detikfood

Langkah pertama, didihkan krim lalu masukkan dark chocolate ke dalamnya. "Saya memakai dark chocolate 84% yang sudah dilelehkan. Rasanya memang pahit tapi saya memilih tetap tidak menggunakan gula. Usai campuran ini mendidih dan diaduk rata jadilah chocolate ganache," jelas Chef Daniel.

Ganache lalu dimasukkan ke dalam piping bag sambil didinginkan sebentar. Sementara itu, ia mulai memasukkan cincangan kurma ke atas tartlet. Ia merekomendasikan menggunakan kurma.

Tartlet Cokelat Kurma yang Istimewa dengan  Saus PistachioFoto: detikfood

"Nah, selanjutnya tinggal tambahkan ganache ke atas tartlet," sambung Chef Daniel. Agar sebarannya merata ia sempat menepuk-nepuk tartlet. "Pastikan jangan menepuknya terlalu keras agar tidak hancur," jelasnya. Langkah terakhir, tartlet didinginkan di lemari es hingga teksturnya padat.

Untuk saus pistachio, Chef Daniel memilih meraciknya dengan campuran vanilla custard sauce dan pasta pistachio. Chocolate Dates Tartlet buatannya makin cantik karena memakai garnish istimewa. "Saya menggunakan bubuk emas dan bunga yang bisa dimakan," pungkasnya.
(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com