Jumat, 09/06/2017 09:33 WIB

Menu Ke-18: Kangen dengan Masakan Minang, Buat Saja 3 Makanan Ini

Lusiana Mustinda - detikFood
Menu Ke-18: Kangen dengan Masakan Minang, Buat Saja 3 Makanan Ini Foto: detikfood
Saat kangen kampung halaman, masakan Minang bisa Anda buat di rumah. Asam padeh hingga ketan lapis sarikaya bisa jadi pengobat rindu. Yuk, bikin!

Masakan Minang selalu bisa menambah selera makan serta mengembalikan memori kampung halaman saat kangen. Masakan Minang biasanya memiliki campuran rasa rempah yang enak dan gurih.

Kalau sedang kangen masakan Minang, tak perlu beli. Dengan melihat beberapa resep dari detikFood ini, Anda bisa mengolah masakan Minang seenak restoran.

1. Menu sahur

Menu Ke-18: Kangen dengan Masakan Minang, Buat Saja 3 Makanan IniFoto: detikFood
Tidak ada salahnya untuk menikmati sajian sahur dengan masakan Minang. Gulai khas Sumatera ini dibuat dengan campuran telur rebus. Perpaduan antara santan segar dengan cabai hijau, serai, daun jeruk, asam sunti hingga kunyit berpadu menjadi satu sehingga menciptakan kuah yang kental dengan rasa yang gurih.

Disajikan hangat-hangat, gulai telur ini bisa jadi pilihan untuk sahur. Kalau bingung atau belum tahu resepnya, Anda bisa lihat cara pembuatannya di sini.

2. Kudapan

Menu Ke-18: Kangen dengan Masakan Minang, Buat Saja 3 Makanan IniFoto: detikFood
Walaupun namanya sarikaya, tapi sajian ini tidak dibuat dengan campuran buah sarikaya. Lapisan adonan telur yang dicampurkan dengan gula dan sari daun pandan menghasilkan rasa yang manis lembut. Di beberapa daerah sarikaya atau sarikayo ini disajikan dengan pelengkap yang berbeda-beda seperti roti atau ketan.

Orang Minang biasanya menikmati sarikayo dengan ketan. Sajian kue ini bisa Anda sajikan untuk keluarga dengan melihat resep lengkapnya di sini.

3. Hidangan utama

Menu Ke-18: Kangen dengan Masakan Minang, Buat Saja 3 Makanan IniFoto: detikfood
Soto khas Minang yang satu ini memiliki kuah yang bening dengan aroma semerbak rempah yang enak. Disajikan lengkap, soto ini berisi suun, perkedel dan dendeng daging yang renyah. Semakin mantap disantap dengan kerupuk dan taburan bawang goreng.

Nah, kalau kangen menyantap soto khas Minang ini, Anda bisa lihat resep lengkapnya di sini.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com