Senin, 05/06/2017 15:32 WIB

Mail Lesehan: Pedas Mantap, Bawal Bakar Berpadu dengan Sambal Gobyos!

Lusiana Mustinda - detikFood
Mail Lesehan: Pedas Mantap, Bawal Bakar Berpadu dengan Sambal Gobyos! Foto: detikFood
Bagi Anda pecinta sambal pedas, wajib datang ke sini. Ada bawal bakar dan sayur asem segar yang cocok disantap dengan dua jenis sambal pedas.

Bertempat di jalan RS. Fatmawati tepatnya di depan bengkel DBS Auto, Anda bisa menemukan warung lesehan yang buka pada malam hari. Menyajikan nenu goreng dan bakar, Anda bisa memilih sendiri lauknya atau langsung memesan di meja.

Aneka lauk pilihan yang bisa Anda pilih sendiriAneka lauk pilihan yang bisa Anda pilih sendiri
Sampai di warungnya, tampak beberapa karyawan sedang sibuk mengulek sambal, menggoreng ataupun melayani pengunjung. Ada aneka ikan seperti mujaer, lele, mas, nila, gurame, bandeng, peda serta cue. Selain ikan, ada juga aneka ayam dan seafood seperti ayam goreng, cumi asin, bebek goreng hingga jengkol dan pete.

Sempat bingung untuk memilih menu, akhirnya kami memesan Bawal Tawar Bakar (Rp 18.000), Ayam Goreng (Rp 15.000), Sate Kulit Ayam (Rp 8.000) dan Sayur Asem (Rp 8.000).

Menunggu agak lama karena ramai, akhirnya seporsi ikan bawal goreng kami mendarat di atas meja. Ikan bawalnya berukuran sedang dengan baluran sambal merah diseluruh tubuh ikan. Ada jejak hitam bekas bakaran, akan tetapi ikan bakarnya punya tekstur yang agak garing. Kami menduga ikan digoreng sebentar dalam minyak panas dan dibakar.

Tak terjejak rasa amis, melainkan rasa gurih dengan tekstur lembut pada bagian dalam ikannya.

Kalau tidak suka ikan, ayam goreng dan sate kulit goreng bisa jadi pilihan yang pas. Satu potong paha ayam yang sudah diungkep bumbu kuning terasa gurih dengan bagian luar yang tak terlalu garing. Kami juga tak melewatkan sate kulit ayam yang garing dan super gurih.

Semua menunya sangat cocok disantap dengan nasi hangat. Apalagi ditambah lalapan yang terdiri dari potongan telur hijau bulat dan labu rebus, timun dan kol.

Ayam goreng dan sate kulit dan ikan bawal bakar dengan paduan dua jenis sambalAyam goreng dan sate kulit dan ikan bawal bakar dengan paduan dua jenis sambal
Ada pelengkap makan ikan bakar dan ayam goreng yang tak boleh ketinggalan. Dua jenis sambal inilah yang jadi ciri khas dari warung Mail Lesehan ini. Ada sambal gobyos yang diracik dengan campuran sedikit terasi dan cabai rawit yang mentah dengan citarasa pedas mantap. Kalau tak ingin yang terlalu pedas, sambal goreng yang berwarna lebih oranye ini bisa jadi pilihan untuk tingkat kepedasan yang lebih rendah.

Nasi hangat dengan ikan bakar ataupun ayam goreng enak diaduk dengan sambal gobyos yang super pedas. Dijamin keringat bercucuran dan akan memesan minuman es lebih dari satu gelas. Huah!

Sayur asem yang segar gurih bisa jadi pilihanSayur asem yang segar gurih bisa jadi pilihan
Setelah mencicip sajian goreng dan bakar dengan sambal super pedas. Anda juga bisa memesan sayur asem yang berisi potongan labu siam, daun melinjo, kacang panjang serta jagung manis. Kuahnya asam pedas dan cocok disantap bersama nasi hangat. Anda juga bisa dengan bebas mengambil kerupuk yang ada di setiap sudut meja secara gratis. Yuk, mampir!

Oia, jangan lupa ikuti 'Scoopylicious' bersama New Honda Scoopy. Cukup foto makanan buka atau sahur dan unggah di Instagram dan Twitter. Tersedia hadiah total 10 juta rupiah. Syarat dan ketentuannya ada DI SINI!

Mail Lesehan
Jl. RS Fatmawati (DBS AUTO)
Cipete
Telp: 085959512555 / 081219091555
Buka: 18.00-selesai


(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com