Selasa, 30/05/2017 16:17 WIB

Agar Mulut Tak Bau, Jangan Lupa Minum Teh Hijau Saat Sahur

Odilia Winneke Setiawati - detikFood
Agar Mulut Tak Bau, Jangan Lupa Minum Teh Hijau Saat Sahur Foto: iStock
Mengakhiri sahur dengan segelas teh disukai banyak orang. Selain teh hitam, teh hijau juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh.

Teh hangat tawar atau manis memang cocok sebagai penutup santap sahur. Tetapi Anda perlu juga mencoba menikmati secangkir teh hijau sebagai penggantinya.

Teh hijau memang populer untuk menjaga kesehatan karena sejumlah nutrisi yang dimilikinya. Tak seperti teh hitam yang mengalami oksidasi penuh, teh hijau umumnya tak alami oksidasi penuh dalam proses pembuatannya.

Agar Mulut Tak Bau, Jangan Lupa Minum Teh Hijau Saat SahurFoto: iStock

Dibuat dari daun teh camelia sinensis, teh hijau sudah menjadi minuman sehat sejak dulu. Teh hijau dikenal kaya akan poluphenol, seperti flavonoid dan catechin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan diperlukan untuk memerangi radikal bebeas yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. Juga proses penuaan dini.

Teh hijau juga mampu mempertajam daya ingat. Karena mengandung kafein dan L-theanine. Keduanya berperan penting dalam memperlancar kinerja otak.

Tak berlebihan jika teh hijau diandalkan untuk menjaga berat badan. Ini karena teh ini bisa memicu metabolisme dan pembakaran lemak tubuh.

Agar Mulut Tak Bau, Jangan Lupa Minum Teh Hijau Saat SahurFoto: Thinkstock

Khusus di bulan puasa, teh hijau juga sangat efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau mengandung polifenol yang dapat membantu segarkan nafas secara alami. Teh hijau juga mengandung flouride yang memiliki efek anti bakteri.

Untuk menikmati teh hijau, tersedia teh hijau celup yang praktis dan teh hijau daun. Keduanya bisa Anda pilih.

Agar tak salah, perhatikan cara menyeduh teh hijau celup dan teh hijau daun yang tepat.



(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com