Senin, 29/05/2017 16:14 WIB

Fat Shogun: Uniknya Lomo Saltado, Nasi Lada Hitam A la Peru dengan Topping Daging Sapi yang Juicy

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Fat Shogun: Uniknya Lomo Saltado, Nasi Lada Hitam A la Peru dengan Topping Daging Sapi yang Juicy Foto: detikFood
Sore ini ingin buka puasa dengan sajian istimewa? Mampir saja ke Fat Shogun di Kuningan. Ada ragam hidangan Jepang-Peru untuk puaskan selera.

Tak banyak restoran yang memadukan hidangan dua negara sekaligus. Di Menara BTPN, Kuningan, Fat Shogun memberi 'warna' baru di industri restoran Indonesia karena mengusung konsep hidangan Jepang dan Peru.

Restoran ada di lantai rooftop tetapi bukan di bangunan paling atas. Salah satu sisi ruangan berupa dinding kaca sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan gedung-gedung lainnya. Ada pula area mini bar untuk meracik minuman alkohol yang tersaji pada bulan selain ramadan.

Fat Shogun: Uniknya Lomo Saltado, Nasi Lada Hitam A la Peru dengan <i>Topping</i> Daging Sapi yang <i>Juicy</i>Foto: detikFood

Fat Shogun rupanya baru buka sekitar 6 bulan. "Sebenarnya ini masih soft opening, untuk grand opening mungkin setelah bulan puasa," tutur Vanny, salah satu pegawai di sini. Ia menginformasikan restoran banyak menggunakan bahan-bahan Jepang tetapi dengan rempah Peru.

Mengintip menunya, ada pilihan sup, salad, dan ceviche pada hidangan pembuka. Sementara pada hidangan utama ada sushi roll, nigiri, sashimi, aneka menu bakaran, dan nasi.

Kamipun tertarik mencicip Lomo Saltado (Rp 85.000) yang kabarnya jadi favorit pengunjung. Hidangan ini berupa nasi ber-topping kentang goreng dan daging sapi. Nasi ditumis dengan butter sehingga warnanya kecokelatan dan terasa gurih ringan. Diantaranya ada pipilan jagung dan potongan wortel yang renyah.

Fat Shogun: Uniknya Lomo Saltado, Nasi Lada Hitam A la Peru dengan <i>Topping</i> Daging Sapi yang <i>Juicy</i>Foto: detikFood

Sementara potongan daging mungilnya ditumis bersama paprika dan bawang bombay. Nyamm! Teksturnya empuk dengan cita rasa gurih sedikit pedas. Oia, di atas potongan kentang goreng ada siraman saus wasabi yang gurih namun tak terlalu pedas.

Saat diaduk bersamaan, suapan Lomo Saltado hasilkan cita rasa enak! Porsinya yang besar membuat sajian ini begitu mengenyangkan.

Anticucho Barbeque (Rp 80.000) tak kami lewatkan. Berupa sate tradisional a la Peru yang dibakar di atas arang. Satu porsinya berisi 4 tusuk, 2 tusuk merupakan daging sapi dan 2 lainnya adalah daging ayam. Sebelum dibakar, daging dimarinasi dengan bumbu kari, lada hitam, cuka dan rempah peru lainnya.

Fat Shogun: Uniknya Lomo Saltado, Nasi Lada Hitam A la Peru dengan <i>Topping</i> Daging Sapi yang <i>Juicy</i>Foto: detikFood

Nyamm! Gigitan pertama satai ini terasa asam, diikuti rasa pedas yang cukup kuat. Kami menduga rasa pedasnya berasal dari penggunaan aji atau cabai oranye khas Peru. Potongan paprika dan bawang bombay yang diselingi di antara daging memberi sentuhan renyah. Baik daging ayam maupun daging sapinya terasa empuk.

Tak lengkap ke Fat Shogun tanpa mencicip varian sushinya. Shogun Roll (Rp 120.000) pun jadi pilihan kami. Delapan potong sushi roll menarik selera disertai irisan tipis lembaran alpukat dan mangga di atasnya. Bagian tengahnya diisi tempura udang nan tebal dan potongan mungil keju. Pada beberapa potongan juga disertai lembaran unagi.

Nampak shoyu menggenangi sedikit permukaan bawah sushi. Dalam sekali lahap, kami mencecap rasa tempura udang dan keju paling menonjol. Lembaran alpukat juga terasa dominan karena cita rasa khasnya. Secara keseluruhan kami menyukai varian sushi roll favorit di Fat Shogun ini.

Fat Shogun: Uniknya Lomo Saltado, Nasi Lada Hitam A la Peru dengan <i>Topping</i> Daging Sapi yang <i>Juicy</i>Foto: detikFood

Jika ingin segarkan tenggorokan dengan mocktail, Carrot Has Gone (Rp 45.000) bisa jadi pilihan. Minuman ini dibuat dari wortel, jeruk sunkist, strawberry, sirup dan ginger ale. Paduannya menghasilkan rasa asam nan segar. Ada juga sedikit sentuhan manis yang mengimbangi. Slurrpp! Minuman ini cocok untuk berbuka puasa.

Nah, kalau sore ini ingin mencicip sajian Jepang-Peru, mampir saja ke Fat Shogun. Selama bulan puasa, restoran juga menyediakan menu takjil.

O,ya jangan lupa ikuti 'Scoopylicious' bersama New Honda Scoopy. Cukup foto makanan buka atau sahur dan unggah di Instagram dan Twitter. Tersedia hadiah total 10 juta Rupiah. Syarat dan ketentuannya ada Di SINI!

Fat Shogun
Lantai Rooftop, Menara BTPN
Jl. Dr. Ide Anak Agung Gede Agung
Kuningan, Jakarta Selatan
Telepon: 021 22958196 atau 081287776400
(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com