Jumat, 26/05/2017 09:55 WIB

Menu Hari Ke-4: Gurihnya Sajian Ikan Berbumbu Telur Asin dan Chilli Sauce

Lusiana Mustinda - detikFood
Menu Hari Ke-4: Gurihnya Sajian Ikan Berbumbu Telur Asin dan Chilli Sauce Foto: detikFood
Selain ayam, ikan juga bisa dimasak menjadi hidangan lezat. Ikan kakap, gurame serta tuna ternyata bisa jadi sajian lezat untuk sahur dan berbuka.

Agar rasanya tak amis, pemilihan ikan harus masih yang segar. Selain itu cara penyimpanan juga perlu diperhatikan. Dengan penambahan rempah-rempah seperti daun kari serta jeruk nipis bisa membuat rasa ikan lebih enak.

Besok sudah mulai sahur, jika belum ada ide mau memasak apa Anda bisa langsung cek menu olahan ikan yang enak dari detikFood berikut ini.

1. Menu Sahur

Menu Hari Ke-4: Gurihnya Sajian Ikan Berbumbu Telur Asin dan Chilli SauceFoto: detikFood
Ikan kakap fillet bisa Anda goreng dengan lapisan saus telur asin. Ikan yang sudah dilumuri dengan bawang putih, air jeruk, merica dan garam ini digoreng haring dengan balutan tepung kanji.

Agar rasanya semakin gurih Anda bisa mencampurkan dengan adonan kuning telur asin. Hmm, aroma gurih dan sedap sangat pas disantap bersama dengan nasi hangat untuk sahur. Mau coba? Lihat saja resep lengkapnya di sini.

2. Kudapan

Menu Hari Ke-4: Gurihnya Sajian Ikan Berbumbu Telur Asin dan Chilli SauceFoto: detikFood
Daging ikan tuna bisa dikreasikan dengan balutan kulit lumpia. Camilan gurih dan renyah ini juga semakin enak karena diberi isian keju. Disajikan hangat-hangat, lumpia isi tuna ini juga enak dicocol dengan saus sambal sebagai teman berbuka puasa.

Tertarik untuk membuatnya? Anda bisa klik di sini untuk melihat resep lengkapnya.

3. Hidangan Utama

Menu Hari Ke-4: Gurihnya Sajian Ikan Berbumbu Telur Asin dan Chilli SauceFoto: detikFood
Ikan gurame goreng bisa jadi menu berbuka puasa spesial. Ikan gurame segar yang dilumuri dengan tepung kemudian digoreng garing. Disiram dengan saus cabai yang terdiri dari cabe rawit tumbuk dan bawang putih halus dan ditumis.

Semakin nikmat saat saus ditambahkan dengan air asam jawa, saus ikan serta saus tiram. Nyam! Tekstur dagingnya yang garing plus sambal yang pedas manis dan asam semakin cocok dinikmati bersama nasi. Yuk, cek resepnya di sini.
(odi/lus)


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com