Sabtu, 20/05/2017 10:15 WIB

Home Cooking Class

Ini Teknik Bikin Scrambled Egg dan French Toast Seenak Buatan Hotel

Lusiana Mustinda - detikFood
 Ini Teknik Bikin Scrambled Egg dan French Toast Seenak Buatan Hotel Foto: detikFood
French toast yang biasa disuguhkan di resto dan hotel bisa dibuat di rumah. Dilengkapi scrambled eggs bisa jadi sajian sarapan sempurna.

Jelang Ramadan, detikFood bekerjasama dengan Culinaria Modena menggaet Joanna Lasmono untuk mengupas tuntas sajian resep-resep praktis dan enak untuk sahur. Dari keempat resep yang dibuat, salah satu yang menarik dan jadi kesukaan para peserta adalah American Breakfast.

Callah bread yang sedang direndam dalam adonan susu dan telurCallah bread yang sedang direndam dalam adonan susu dan telur Foto: iStock
Terdiri dari scrambled egg dan French toast. Kali ini, Joanna memilih roti Challah untuk membuat French toast. Ini adlaah roti adaptasi roti Jahudi yang adonannya dibentuk seperti anyaman, dengan rasa sedikit manis.

Pertama telur dicampur susu, bubuk kayu manis, vanilla extract dan gula. "Susu bisa diganti dengan soya milk," ujar Joanna.

Setelah direndam, roti kemudian dipanggang dengan butter.Setelah direndam, roti kemudian dipanggang dengan butter. Foto: iStock
Agar mendapat tekstur bagian luar yang renyah tapi lembut di dalam, harus diperhatikan proses perendamannya. "Kurang lebih direndam 1-2 menit untuk roti callah," jelasnya.

Mbak Jo juga memberikan pilihan pengganti gula seperti brown sugar atau madu. Jangan lupa untuk membubuhkan sedikit garam supaya rasanya gurih.

Setelah itu mbak Jo memberikan tips scrambled egg. Agar teksturnya lembut dan creamy, ia menyarankan untuk mencampurkan sedikit fresh cream atau cooking cream.

 Ini Teknik Bikin Scrambled Egg dan French Toast Seenak Buatan HotelJoanna Lasmono sedang membuat scrambled egg. Foto: iStock
"Lelehkan mentega di dalam wajan kemudian tuang telur kocok, aduk sebentar hingga agak berbuih dan masukkan keju cheddar. Jangan sampai kering," ujar Joanna.

Setelah terbentuk gumpalan-gumpalan kecil yang lembut dan 3/4 matang kurang lebih sekitar 3 menit baru ditambah lada dan diangkat. "Api jangan terlalu besar dan kalau kelamaan mengaduk telur jadi kering keras dan jadinya orak-arik," ungkap mbak Jo

Agar hidangannya cantik, tambahkan beberapa potong tomat ceri dan rosemary yang sudah dimasak dengan sedikit butter. French toast disajikan dengan scrambled egg dan maple syrup.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com