Senin, 27/06/2016 15:38 WIB

Memakai Kopi untuk Campuran Bahan Kue

Odilia Winneke Setiawati - detikFood
Memakai Kopi untuk Campuran Bahan Kue Foto: iStock
Aroma kopi yang harum sangat enak dibuat campuran kue. Agar hasilnya maksimal, perhatikan beberapa trik ini.

Kopi yang harum dan sedikit pahit cocok dipadukan dengan cokelat atau untuk membuat kue atau cake jadi enak. Karenanya banyak varian kue yang memakai campuran kopi. Baik untuk cakenya atau krim olesan dan isiannya.

Ada beberapa cara yang biasa dipakai untuk menambahkan kopi. Jika ingin aroma tak terlalu kuat, biji kopi bisa direbus dalam cairan yang akan dipakai dalam adonan kue. Misalnya susu, krim atau santan.

Untuk aroma yang kuat dan warna kecokelatan bisa memakai air kopi kental. Bisa berupa kopi tubruk yang kental atau espresso. Perlu diingat jumlah air kopi ini harus diperhitungkan dalam jumlah cairan di dalam resep. Misalnya, susu cair sebanyak 250 ml dan air kopi 50 ml. Maka jumlah susu dikurangi 50 ml, jadi 200 ml.


Jika memakai espresso ada baiknya kopi dipanaskan hingga airnya menyusut dan menjadi cairan kopi yang pekat. Ini untuk menghindari adonan kue menjadi terlalu encer.

Cara yang paling praktis adalah memakai kopi instan. Kopi ini berupa butiran yang mudah larut dalam cairan. Kopi instan punya rasa dan aroma yang lebih pekat.

Larutkan kopi instan dengan sedikit air panas. Atau larutkan dengan bahan cair yang ada dalam resep seperti krim atau susu atau mentega leleh sehingga larutkan kopi mudah menyatu dengan adonan.

Kini sudah banyak dijual pasta kopi yang pekat kental dan terbuat dari bahan artifisial. Harganya lebih murah, aroma kopinya tajam dan warna cokelatnya juga pekat. Jika ingin praktis dan murah bisa memakai pasta kopi ini.

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com