Quinoa Sang Primadona Nutrisi

- detikFood Selasa, 30 Nov 2010 18:43 WIB
Jakarta - Quinoa termasuk ke dalam jenis bijian sehat, karena mengandung serat yang cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, kandungan nutrisi lain seperti folat, vitamin E, dan juga vitamin B6 tak kalah banyak. Sebenarnya, apa sih quinoa ini?

Quinoa adalah tanaman biji-bijian yang berasal dari spesies Chenopodium. Quinoa banyak sekali dijumpai di daerah Andean, Amerika Selatan dan juga Spanyol. Tanamannya termasuk ke dalam klasifikasi rumput-rumputan dan juga padi-padian. Quinoa ini tidak hanya bijinya saja yang dikonsumsi, tapi juga daunnya dimakan seperti salad.

Untuk masyarakat Andean, Columbia, quinoa ini seperti makanan pokok setelah kentang. Tak heran karena kandungan utama dari quinoa ini adalah karbohidrat yang bisa menggantikan kentang. Selain itu, nurtisi lainnya juga tak kalah banyak. Seperti serat, protein, vitamin B6, vitamin E, Folat, dan juga Magnesium.

Seperti halnya gandum, quinoa kaya akan asam amino esensial yang sangat baik untuk tubuh. Quinoa juga termasuk bijian yang gluten free dan juga mudah untuk dicerna sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang menyandang autis. Quinoa kini bisa didapat di beberapa swalayan besar di Jakarta. Harganya memang relatif mahal yaitu Rp 174.900 per 737 gram.

Quinoa bisa dibuat sebagai campuran salad, atau sebagai side dish steak, atau juga disantap sebagai menu sarapan sehat seperti layaknya sereal.

(eka/Odi)