Sedapnya Gudeg Halal Yu Djum

- detikFood Jumat, 07 Mei 2010 13:49 WIB
Jakarta - Siapa yang tak kenal gudeg? Makanan khas kota Yogya ini memang banyak disukai karena rasanya yang khas dan sedap. Apalagi dengan jaminan halal membuatnya penggemar gudeg tak bakal ragu lagi menikmati kelezatannya.

Jika berkunjung ke kota Yogya tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khasnya yaitu gudeg. Salah satu penjual gudeg yang telah memiliki penggemar tersendiri adalah Gudeg B. Djuminten. Rumah makan gudeg yang lebih dikenal dengan sebutan warung Yu Djum ini telah berdiri sejak tahun 1926.

Dikelola sampai tiga generasi turun-temurun membuat gudeg Yu Djum makin lekat di hati pelanggannya baik di dalam maupun luar kota. Apalagi di Yogyakarta sendiri baru dua restoran gudeg yang bersertifikat halal. Salah satunya adalah gudeg Yu Djum yang merupakan salah satu warung gudeg tertua di Yogya.

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan dibumbui dengan kluwek. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna cokelat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan.

Biasanya gudeg dimakan dengan nasi yang disiram dengan kuah santan kental (areh). Sebagai pelengkap ada ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek yang membuat rasanya semakin lezat saja.

Terkait dengan isu yang beredar, gudeg memiliki titik kritis kehalalan yang cukup membuat mereka yang memakannya berpikir ulang. Seperti penggunaan saren atau darah ayam  beku sebagai penyedap rasa, ayam yang tidak disembelih secara benar sehingga darah di dalam ayam tidak keluar sempurna, atau asal yang tidak jelas dari kulit yang dibuat untuk krecek.

Terutama kulit yang dipakai sebagai bahan dasar krecek. Terkait apakah berasal dari kulit sapi atau kulit babi dan soal penyembelihan apakah dilakukan secara halal atau tidak. Lebih dari itu, banyak pula ditemukan kulit yang digunakan adalah kulit dari bahan sisa industri sepatu atau jaket kulit yang sudah berformalin dan ditambahkan bahan kimia.

Maka sangatlah penting konsumen senantiasa waspada dan berhati-hati terhadap makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu untuk memberikan rasa aman kepada para konsumennya, gudeg Yu Djum mendaftarkan rumah makannya untuk memperoleh sertifikat halal. Kini selembar sertifikat halal terpajang di dinding rumah makannya. Sehingga bagi konsumen muslim yang datang tak ragu lagi untuk mampir dan menikmati gudeg racikan Gudeg B. Djuminten ini.

Gudeg B. Djuminten
Jl. Kranggan 69
Yogjakarta


(Sumber: LPPOM MUI)

(dev/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com