Kepincut Sop Palumara

- detikFood Kamis, 14 Agu 2008 15:15 WIB
Jakarta - Nama: Anies Anggara
Email: simple_anies[at]yahoo.com
Alamat: Jl. MPR VII No.2

Tak hanya sop palumara alias sop ikan bandeng ini saja yang menggugah selera, namun kepiting jumbo dan kerang dara rebus resto seafood ini patut diacungi jempol. Apalagi jika Anda penyuka pedas, pastilah bakal kepincut oleh sambal mangganya yang jempolan!

Dalam rangka traktiran ulang tahun bapak mertua, dua minggu yang lalu saya dan keluarga mencari-cari tempat makan. Sesuai dengan pesanan beliau, saya diminta untuk hunting resto yang menyediakan menu seafood. Akhirnya diputuskan untuk menuju ke daerah permata hijau. Tak lama saya mencoba masuk ke restoran yang bernama 'Seafood Laut Sulawesi'. Lokasinya persis di depan BINUS Arteri Permata Hijau.

Berdasarkan list di menunya, restoran ini menyediakan bermacam-macam seafood dan aneka makanan asal Makasar. Entah karena kalap atau memang kami terbiasa untuk memesan macam-macam makanan (berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah karena porsinya takut gak cukup).

Menu pesanan kami antara lain kerang dara rebus, jalang kote (2 potong), es Palu butung, dan coto Makasar sebagai makanan pembuka atau trial and error food. Kepiting saos padang yang ukuran jumbo, cumi saos padang, cah kangkung, ikan bawal Jepang (katanya kandungan Omega tiganya tinggi lho!), dan sop Palumara (kalo ga salah) untuk sebutan sayur pindang ikan bandeng yang udah ga ada durinya sebagai makanan inti. Es teh manis dan teh manis panas yang ampunnnn manisnya sebagai minumannya.

Tak lama dari kami memesan, satu persatu pesanan datang didahului dengan makanan pembuka. Well menurut saya nih kerang daranya berbeda dari tempat seafood lain, woww... gede-gede!

Coto Makasarnya lumayan lah, es palung butunya saya gak tahu rasanya cuma katanya sih kaya bubur sumsum dicampur pisang trus diberi es. Untuk jalang kotenya rasanya standar kaya pastel-pastel biasa gitu, tetapi sambel encernya pedes banget sampai-sampai membuat saya tersedak.

Makanan pembuka yang pertama datang itu ikan bawalnya (besar dan segar ikannya), terus cumi saos padang plus cah kangkung yang rasanya gak jauh beda dari resto-resto seafood lain. Untuk sup pindang bandengnya sendiri wuihhh... seger pisan, rasanya daging ikannya itu loh mantab, gede dan tanpa duri.

Makanan yang terakhir datang adalah kepiting jumbo saus padang. Begitu si kepiting tiba diatas meja woww.. ternyata kepitingnya super jumbo, lebih besar dari kepiting 'Raja Kepiting' yang ada di BSD. Dagingnya tebal, hmm... mantap sekali! Saya jadi membayangkan bagaimana kalau memesan yang King crab ya, kalau yang jumbonya saja sebesar itu.

Hmm... pokoknya kami benar-benar tidak menyangka kalau pesanan kami saat itu banyak sekali. Sampai-sampai saya yang biasanya suka nyemil kepala ikan plus tulang-tulangnya jadi menyerah. Akhirnya karena sup bandeng masih tersisa lumayan banyak, maka kami membungkusnya untuk dibawa pulang.

Untuk harganya sendiri? Hmmm... yang mahal sih sepertinya kepitingnya, soalnya kepiting jumbo ukuran 1kg lebih yang kami pesan saat itu dibandrol dengan harga Rp 120 ribuan. Nah, berarti per onsnya sekitar sebelas ribuan. Sedangkan harga makananya yang lain, saya rasa standard saja.

Over all, saya recomended jika berkunjung ke resto ini untuk mencoba kepiting dan sup pindang bandengnya. Dijamin bukan hanya top markotop, tetapi maknyossss...

O ya, di sini juga disediakan 3 jenis sambel sebagai pelengkap hidangan seafood ini, yaitu sambel tomat ijo plus bawang merah, sambel terasi, dan sambel mangga (sebenarnya lebih tepat dibilang asinan mangga karena nyaris tidak ada sambalnya). Meskipun begitu saya suka dengan sambel mangga disini. Jadi jangan heran kalau Anda makan disini dan bakal nambah seporsi sambal mangga!

Seafood Laut Sulawesi
Jl. Teuku Umar Nyak Arif No 10, Simprug
Jakarta
(dev/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com