Pemenang Santap Lezat Berhadiah XV

Sedapnya Gurame RM Dapur Sunda

- detikFood Kamis, 12 Jun 2008 10:45 WIB
Jakarta - Nama: Francisca Xaveriana
Email: francytaolin@yahoo.com
Alamat: Jl. H. Mugeni I No.9

Suatu siang, saya dan teman-teman kantor ingin menikmati makanan khas Sunda. Lalu salah seorang dari kami merekomendasikan Rumah Makan Dapur Sunda yang terletak di Kawasan Tenda Semanggi, Jakarta Selatan. Maka segera meluncurlah kami beramai-ramai kesana.

Setelah penat melewati jalan macet dan merasakan udara yang panas, kami masuk ke ruangan yang nyaman. Alunan musik kecapi suling dan gemercik air yang ada di dalam rumah makan itu, membuat suasana hati terasa lebih nyaman.

O ya pelayanannya yang ramah juga cukup mengesankan kami. Menu yang ditawarkan rumah makan ini juga bermacam-macam. Akhirnya kami memesan menu yang sangat bervariasi, yaitu Sop Gurame, Gurame Goreng, Ayam Geprek, dan Karedok. Tidak lupa sambal terasi dengan lalapannya.

Sebelum hidangan yang dipesan datang, sesuai dengan rekomendasi sang pelayan, kami sepakat untuk memesan Es Goyobod. Es ini sangat segar yang terdiri dari air gula merah dengan beberapa campuran buah dan irisan agar-agar merah yang nikmat. Seketika... rasa lelah pun hilang berganti segar dan kami pun semakin tidak sabar menikmati makanan yang telah dipesan.

Sup ikan guramenya juga luar biasa segar. Paduan asam, manis, dan agak pedas terasa sangat pas. Berbagai rempah asli Indonesia bercampur di dalamnya. Harumnya daun kemangi menambah nikmat. Ikan guramenya pun terasa lembut membelai lidah. Duh, nikmat sekali rasanya dan perut pun menjadi terasa hangat. Napsu makan kami pun makin menjadi, satu porsi makanan bisa dimakan oleh empat sampai enam orang.

Setelah menyantap semangkuk sup ikan, sepirih nasih putih hangat dengan lauk lainnya pun tidak kalah istimewa rasanya. Ikan gurame digoreng dengan bentuk seperti ikan terbang. Renyah, gurih, dan pas bumbunya. Dicampur sambal terasi, rasanya benar-benar mantap.

Ayam gepreknya juga sangat enak. Menu ini merupakan ayam goreng yang kemudian digeprek dan disirami bumbu kacang. Karedoknya royal bumbu, tapi tidak berlebihan dan campurannya sangat pas. Duh, perut rasanya menjadi sangat penuh. Tapi kalau mengingat kenikmatannya kami tidak menyesal melahap semuanya.

"Menu makanan khas Sunda itu variatif, tapi makanan-makanan yang kami tawarkan di sini sangat biasa. Misalnya, ikan gurame goreng. Dulu, orang belum terlalu menyukai menu ini, tapi kami mencoba menawarkannya dengan penyajian yang berbeda. Ikan gurame digoreng berbentuk kipas sehingga sangat menggugah selera. Kami mengandalkan resep konvensional, tapi cara memasak tetap memakai berbagai peralatan modern," kata H. Ansoroeddin, pemilik Rumah Makan Dapur Sunda yang sempat kami temui.

Rumah makan yang katanya sejak tahun 1985 ini tersebar di berbagai wilayah Jakarta, yaitu di Cipete, Jakarta Selatan. Kini, total ada tujuh rumah makan yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta, yaitu Cipete, Pancoran, Gading Food City, Setiabudi One, Kawasan Tenda Semanggi, Pluit, dan Belagio Permata Hijau. Siapa pun yang menyukai makanan khas Sunda, wajib cobain makan disini!
(dev/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com