ADVERTISEMENT

Sedap! Ayam Goreng Dicocol Sambal Kacang Buatan H. Mardun Martinah

riska ayu nur Fitri - detikFood
Senin, 15 Agu 2022 13:30 WIB
Ayam Goreng H. Mardun Martinah
Foto: Instagram ayam_goreng_mardunpuri
Jakarta -

Di Mangga Besar, Jakarta Barat, ada racikan ayam goreng tradisional yang legendaris. Ayamnya mirip ayam pop yang digoreng sebentar, lalu ditambah cocolan sambal kacang!

Restoran Ayam Goreng H. Mardun Martinah berlokasi di Jl. Raya Mangga Besar No. 90 A. Restoran ini konon sudah ada sejak tahun 1960 di Taman Sari, baru kemudian pada tahun 1970 pindah ke kawasan Mangga Besar.

Keunikan ayam goreng di sini adalah memiliki tekstur menyerupai ayam pop khas Rumah Makan Padang. Teksturnya agak basah, tapi kemudian digoreng sebentar sehingga tidak tampak seperti ayam pop. Warnanya cenderung kekuningan.

Kreasi ayam goreng seperti ini sekarang sudah terbilang cukup jarang. Rasanya lezat karena dibuat dengan ayam kampung yang dagingnya lembut.

Keunikan lain, ayam goreng di sini bukan disajikan dengan sambal merah, melainkan sambal kacang yang rasanya mirip bumbu kacang pada sate. Lalu ada juga acar timun serta bawang merah sebagai pendampingnya.

Karena legendaris dan sudah ada sejak tahun 1970-an, harga ayam ini agak mahal, sekitar 25ribu/potong. Tapi kamu dijamin tidak akan menyesal karena rasa ayam gorengnya enak, gurih dan empuk. Dijamin ingin balik lagi mencicipinya!

Kalau ke Ayam Goreng H. Mardun Martinah, jangan lupa pesan telur rendangnya yang kabarnya tak kalah enak. Tersedia menu lain juga seperti tahu kuning Bandung yang digoreng, bihun goreng, dan aneka sayur seperti sayur lodeh dan sayur asem.

Jam bukanya setiap hari dari pukul 9 pagi sampai pukul 9 malam. Nah, supaya dapat pengalaman terbaik, kamu bisa mampir siang hari, namun jangan pas waktu makan siang agar pengunjungnya tak terlalu ramai.

Nama Tempat MakanAyam Goreng H. Mardun Martinah
AlamatJl. Raya Mangga Besar No.90A, RT.13/RW.1, Taman Sari, Jakarta Barat
No Telp(021) 6290229
Jam Operasional09.00-21.00 WIB
Estimasi HargaPer ekor ayam sekitar Rp 115.000
Per potong ayam sekitar Rp 25.000
Tipe KulinerAyam goreng tradisional
Fasilitas
  • Area bersantap nyaman
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT