ADVERTISEMENT

Gurih Pedas! Nasi Becek Menthok Khas Tuban yang Berkuah Santan Nikmat

Revica Jausafadlina - detikFood
Selasa, 15 Mar 2022 08:00 WIB
nasi becek mentok tuban
Foto: Revica Jausafadlina
Tuban -

Kuliner Tuban bukan hanya garang asem dan belut pedas saja, tapi juga nasi becek menthok yang terkenal enak. Rasanya gurih pedas dengan paduan kuah santan nikmat berempah, mirip gulai. Cobain yuk!

Nasi becek menthok adalah salah satu kuliner khas Tuban. Biasanya menu ini hadir dalam acara hajatan, jelang puasa, atau saat Lebaran. Tapi kini untuk menikmati nasi becek menthok juga bisa pada hari-hari biasa karena banyak rumah makan di Tuban menawarkannya.

Salah satu penjual nasi becek menthok terkenal adalah Warung Jangkar. Warung makan ini berlokasi di Desa Tegalagung, Semanding, Tuban. Berdiri sejak 1991, warung makan ini masih eksis sampai sekarang.

"Tiap hari menu nasi becek selalu habis, karenanya selalu menyediakan 3 ekor menthok untuk dimasak," papar pemilik Warung Jangkar, Ida kepada detikJatim, Senin (14/3/2022).

nasi becek mentok tubannasi becek mentok tuban Foto: Revica Jausafadlina

Menurut Ida, nasi becek menthok merupakan hidangan bersantan yang kaya rempah dengan daging menthok atau bebek sebagai isiannya. Biasanya dimakan dengan nasi putih atau nasi jagung.

Aroma gurih pedas langsung menyerbak saat kuah becek menthok dituang ke mangkuk. Sebab, bumbu kuahnya terbuat dari campuran bawang putih, bawang merah, kemiri, dan cabai yang ditumbuk halus.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Tuban yang Kini Masyarakatnya Tajir Mendadak

"Daging bebeknya juga dimasak sampai empuk dan harus benar masaknya agar tidak amis" kata Ida.

Menurut Ida, perbedaan menu ini dengan gulai adalah olahan bumbunya. Jika gulai menggunakan cengkeh, becek tidak menggunakan rempah tersebut.

"Setelah kuah dituang, di atasnya diberi taburan bawang goreng dan daun bawang agar aromanya lebih harum," imbuh Ida.

Sebagian pelanggan terlihat memilih menyantap nasi becek menthok dengan nasi jagung. Seperti salah satu pengunjung, Fajar yang memfavoritkan menu khas Tuban itu.

"Rasanya sangat kental dan juga khas, selain itu kuahnya pedas dan segar. Sangat cocok dimakan saat musim hujan, karena kuahnya dapat menghangatkan tubuh dan daging menthoknya sendiri sangat lembut," pungkas Fajar.

Baca Juga: Cobain Nasi Becek Menthok Khas Tuban, Gurih Pedasnya Campur Jadi Satu



Simak Video "Blendi Tewel Martumi Jadi Obat Rindu Pemudik saat Pulang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT