Pasar Kue Subuh

Serunya Belanja di Pasar Kue Subuh Blok M yang Eksis Sejak 1960-an!

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 26 Feb 2022 14:00 WIB
Serunya Belanja di Pasar Kue Subuh Blok M yang Eksis Sejak 1960-an! Foto: detikFood
FOKUS BERITA Pasar Kue Subuh
Jakarta -

Selain di Senen, Pasar Kue Subuh Blok M merupakan salah satu yang paling laris dan ikonik di daerah Jakarta. Seperti ini suasana dan ragam pilihan menunya.

Mirip seperti pasar kue subuh lainnya, setiap harinya di Blok M mulai pukul 01.30 dini hari hingga 08.00 pagi, area halaman Blok M Square akan dipenuhi dengan puluhan pedagang yang menjajakan aneka kue.

Dikenal dengan sebutan Pasar Kue Subuh Blok M, di sini orang-orang bisa belanja aneka kue sampai snack dengan harga yang murah. Bisa untuk dijual kembali atau dijadikan suguhan di berbagai acara.

Selain itu di sini juga para pedagangnya terbagi menjadi dua. Ada yang menjual aneka kue dengan harga murah mulai dari Rp 1.000 per buah dan ada juga yang menjualnya mulai dari Rp 4.000 karena kualitasnya lebih premium.

Berikut keseruan berburu aneka kue enak dan murah di Pasar Kue Subuh Blok M:

Baca Juga: 4 Tempat Beli Kue Subuh di Jakarta, Harga Mulai Rp 1.000" selengkapnya


1. Sudah Ada Sejak Tahun 1960-an

Serunya Belanja di Pasar Kue Subuh Blok M yang Eksis Sejak 1960-an!Serunya Belanja di Pasar Kue Subuh Blok M yang Eksis Sejak 1960-an! Foto: detikFood

Meski tidak ada catatan pasti kapan para pedagang kue mulai mengisi area Blok M dengan aneka kue pada pagi hari, namun beberapa penjual menyebutkan bahwa awal mulanya para pedagang kue berjualan di sini sejak akhir tahun 1960-an.

"Saya sudah berjualan di sini sekitar 25 tahun lah. Dulu itu yang berjualan kue di sini lebih banyak dari yang sekarang. Cuma sejak pandemi, dan bahan-bahan makanan terus naik, jadi banyak pedagang yang gulung tikar karena tidak kembali modal mereka," jelas Pak Tanwin, salah satu penjual kue di Pasar Kue Subuh Blok M kepada detikFood (26/02).

Ia menjelaskan memang Pasar Kue Subuh Blok M ini mulai dikenal banyak orang di akhir tahun 1960-an. "Dulu di era Pak Presiden Soeharto dan SBY kan itu kita sangat dibantu para pedagang kue ini. Jadi berkembangnya di sana," ujar Pak Tanwin yang setiap hari menawarkan lebih dari 60 jenis kue.

2. Kue Pasar Harga Murah

Serunya Belanja di Pasar Kue Subuh Blok M yang Eksis Sejak 1960-an!Serunya Belanja di Pasar Kue Subuh Blok M yang Eksis Sejak 1960-an! Foto: detikFood

Jika berkunjung ke Pasar Kue Subuh Blok M, pengunjung akan dibuat kebingungan melihat banyaknya pedagang kue yang rata-rata menjual jenis kue yang sama. Namun meski begitu setiap pembeli pasti sudah punya langganannya sendiri.

"Jenis kuenya memang sama. Tapi orang kalau sudah beli di satu tempat, pasti akan balik ke tempat itu. Ini saya jual kue mulai dari Rp 1.000, sampai yang paling mahal itu harganya Rp 4.500," ungkap Pak Tanwin.

Mulai dari lemper, pastel, risoles, soes, lapis legit, bolu spikoe, kue talam hingga bakcang semuanya ia jual secara fresh. Pak Tanwin sendiri kebanyakan membeli kue-kue ini dengan sistem putus.

Serunya Belanja di Pasar Kue Subuh Blok M yang Eksis Sejak 1960-an!Serunya Belanja di Pasar Kue Subuh Blok M yang Eksis Sejak 1960-an! Foto: detikFood

"Saya banyak beli sistem putus, jadi kalau tidak laku biasanya di sore hari saya sedekahkan atau saya kasih ke panti asuhan. Saya cuma ambil kue buatan rumahan saja, jadi lebih terjaga kualitasnya. Selain itu ada beberapa kue yang saya buat sendiri seperti bolu kukus sampai roti," sambung Pak Tanwin.

Jika dulu Pak Tanwin bisa menjual lebih dari 15 ribu buah kue dalam sehari, namun karena pandemi dan sepinya pengunjung, kini paling banyak ia hanya menjual 5-10 ribu buah setiap harinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Bakso Kraton Toping Lidah Goreng"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Pasar Kue Subuh
FOKUS BERITA Pasar Kue Subuh

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com