Ini Roti Bakar dan Kukus Favorit Mahasiswa Unpad

Vita Septriana Darmastuti - detikFood Selasa, 14 Apr 2020 12:00 WIB
Roti bakar dan kukus Tom & Jerry Foto: Vita Septriana Darmastuti
Jakarta -

Roti bakar jadi camilan yang harganya pas di kantong mahasiswa. Di Kawasan kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor, ada roti Tom & Jerry yang populer.

Selalu ramai pengunjung, Roti Bakar dan Kukus Tom & Jerry ini jadi jajanan favorit mahasiswa. Lokasinya ada di Jalan Raya Ciseke, Sumedang. Adalah Pak Ono dan Pak Ade yang mendirikan usaha ini.

Sejarah usaha roti bakar dan kukus Tom & Jerry ini cukup panjang dan unik. Awalnya, usaha ini belum memiliki nama dan tidak mencapai hasil maksimal sehingga Pak Otang selaku pemilik menyerahkan usaha roti ini kepada Pak Ono dan Pak Ade.

Roti bakar dan kukus Tom & JerryRoti bakar dan kukus Tom & Jerry Foto: Vita Septriana Darmastuti

Sepasang kakak beradik ini mulai mengelola usaha roti Tom & Jerry sejak tahun 2008 dengan bermodalkan gerobak Bakso Malang bekas yang dipinjamkan oleh rekannya.

Nama Tom & Jerry sendiri diambil bukan tanpa alasan, nama ini muncul karena pemilik merasa tersaingi oleh usaha 'Tahu Spongebob' yang posisinya berdekatan dengan usaha roti Pak Ono dan Pak Ade. Terinspirasi dari film kartun, nama 'Tom & Jerry' juga merepresentasikan dua jenis ukuran roti yang dijual, yakni Tom untuk roti ukuran besar dan Jerry untuk roti ukuran kecil.

Roti bakar dan kukus Tom & JerryRoti bakar dan kukus Tom & Jerry Foto: Vita Septriana Darmastuti

Logo roti bakar dan kukus Tom & Jerry betul-betul menggambarkan identitas dari usaha roti ini, dimana ada 2 tokoh yaitu Tom dan Jerry yang sedang memegang sebuah roti menggambarkan bahwa Pak Ono dan Pak Ade sebagai 2 tokoh utama juga menjual roti sebagai produk makanan yang ditawarkan oleh mereka.

Awal usaha ini dirintis, varian rasa yang tersedia sangatlah terbatas yaitu cokelat, kacang, strawberry dan keju. Tapi saat ini roti bakar dan kukus Tom & Jerry sudah memiliki hampir 30 varian rasa. Mulai dari rasa manis, asin, hingga beragam aneka rasa buah-buahan tersedia di sini.

Roti bakar dan kukus Tom & JerryRoti bakar dan kukus Tom & Jerry Foto: Vita Septriana Darmastuti

Chocomaltine, tiramisu dan greentea adalah tiga varian rasa best seller untuk roti dengan varian rasa manis. Sedangkan best seller untuk roti gurih adalah kornet keju.

Tidak hanya karena kelezatannya, roti-roti ini sangat digemari khususnya oleh mahasiswa karena harganya murah. Roti berukuran kecil dijual Rp.5.000,00 sampai Rp.10.000,00 dan untuk ukuran besar harganya Rp.12.000,00 sampai Rp.25.000,00.

Dengan visinya untuk menjadi roti nomor satu di Jatinangor, Roti Bakar dan Kukus Tom & Jerry berusaha memuaskan pelanggan dengan menyuguhkan cita rasa yang menggugah selera dan dibuat dengan sepenuh hati. Buka mulai pukul 5 sore, roti Bakar dan Kukus Tom & Jerry selalu ramai pembeli.

Roti bakar dan kukus Tom & JerryRoti bakar dan kukus Tom & Jerry Foto: Vita Septriana Darmastuti

Setiap harinya, Roti Bakar dan Kukus Tom & Jerry menjual 200 buah roti berukuran kecil dan 50 buah roti berukuran besar. Rata-rata hasil keuntungan yang diperoleh mencapai Rp 1.500.000,00 per hari.

Berdasarkan informasi dari pemilik, Roti Bakar dan Kukus Tom & Jerry juga menjadi pilihan bagi orang luar negeri yang sedang berkunjung ke Jatinangor, seperti orang Malaysia dan Hongkong. Pasalnya camilan ini cocok di lidah mereka. Kamu tertarik mencicipi?



Simak Video "Bikin Laper: Aneka Oseng Pedas yang Bikin Ngiler"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)