Sedapnya Ikan Woku Balanga yang Selalu Bikin Ketagihan

Bianca Sinantra - detikFood Jumat, 31 Jan 2020 11:00 WIB
restoran ikan tude manado Foto: Bianca Sinantra
Jakarta -

Mencari hidangan yang segar pedas, kami selalu ingat ikan woku belanga di rumah makan ini. Daging ikannya segar, tebal dengan kuah berbumbu sedap.

Hidangan dari Sulawesi Utara selalu bikin ketagihan. Karena bahannya segar, bumbunya segar dan cara memasaknya tak berlebihan. Makanya saat melintasi Restoran Ikan Tude Manado di Jl. Blora, Menteng, Jakarta Pusat, kami tak bisa menahan diri untuk tidak mampir.

Restoran berlantai dua ini selalu penuh saat jam makan siang. Buat kami tak pernah bosan memesan Ikan Woku Balanga, Garo Bunga Pepaya dan Perkedel Jagung. Kadang-kadang kami memesan ikan tude.

Peralatan makan berwarna hijau jadi ciri khas restoran ini. Ikan Woku Balanga disajikan dalam mangkuk lumayan besar, kuahnya kuning oranye menggoda selera banget. Isinya potongan ikan kerapu dengan bumbu yang digerus kasar.

Ada daun kunyit, daun kemangi, daun bawang dan gerus kemiri dan cabai yang tak terlalu halus. Malah terasa renyah enak. Apalagi disiramkan ke nasi putih. Daging ikan kerapunya tebal, puas rasanya menyendoki Ikan Woku Balanga ini.

Sedapnya Ikan Woku Balanga yang Selalu Bikin KetagihanFoto: Bianca Sinantra



Garo Bunga Pepayanya tak terasa pahit. Seperti umumnya masakan Manado, selalu dilengkapi dengan aneka daun. Ada kemangi dan daun bawang diselingi suwiran ikan cakalang. Krneyes renyah, pedas gurih makin menambah nafsu makan.

Yang tak pernah ketinggalan kami pesan adalah dabu-dabu lilang. Irisan kasar tomat muda, bawang merah dan cabai rawit merah dengan kucuran air jeruk nipis terasa segar. Renyah, pedas dan asam beradu jadi satu, Bahkan sengatan pedas cabai rawit merah membakar lidah. Huaah! Sedap rasanya!

Sedapnya Ikan Woku Balanga yang Selalu Bikin KetagihanFoto: Bianca Sinantra



Peredam sengatan pedas yang paling cocok adalah perkedel jagung manis. Kalau sedang ada, kami selalu pesan perkedel nike. Perkedel jagungnya berukuran sedang, masih hangat saat disajikan sehingga kami bisa merasakan krenyes manis buliran jagungnya.

Es jeruk kunci yang dingin segar jadi pembilas lidah yang pas. Kalau tak tahan diri, bisa jadi aneka kue yang ada di lantai bawah sudah jadi pencuci mulut. Dari balapis, biapong, panada, lalampa hingg klapertaart yang dingin manis.

Sedapnya Ikan Woku Balanga yang Selalu Bikin KetagihanFoto: Bianca Sinantra



Kalau makan di sini sebaiknya ramai-ramai karena porsinya bisa buat sharing. Meskipun kami bukan orang Sulawei Utara tetapi sebagai pencinta pedas, makanan di sini selalu saja bikin kami ingin makan lagi dan lagi.



Simak Video "Bikin Laper: Ragam Bakmi Pedas Berpenampilan Memesona"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)