Ayam Garam Buatan Resto Rumahan yang Sederhana Lezat

Yusnita Sary - detikFood Kamis, 23 Jan 2020 15:00 WIB
Foto: Yusnita Sary
Jakarta -

Menjelang imlek restoran dengan masakan rumahan ini rasanya cocok disinggahi. Menu andalannya bakmi ayam tapi juga ada masakan lain yang tak kalah enak.

Sudah lama kami mendengar tentang rumah makan yang namanya simpel, Glaze 10. Karena terletak di ruko Paramount Glaze di Jl. Raya Kelapa Dua, Gading Serpong. Lokasinya gampang ditemukan di google map.

Tampilan rumah makan ini tak beda dengan rumah makan yang ada di ruko-ruko. Di bagian depan ada papan nama merah bertulisan 'Glaze 10 Chinese Food No Pork Spesial (Ayam Garam/Nasi Hainan).

Ayam Garam Buatan Resto Rumahan yang Sederhana LezatFoto: Yusnita Sary



Di bagian dalam ditata meja bundar dan meja berkursi 4. Kayaknya memang restoran ini ditujukan buat makan bersama keluarga atau makan 'sharing'. Semuanya ditata simpel tanpa ornamen aneh atau meriah. Pengunjung masuk keluar dan beberapa tampak menunggu pesanan takeaway.

Menunya memang makanan China rumahan yang populer. Seperti bakmi ayam jamur, nasi ayam Hainan, bakmi goreng, ayam garam, sapo tahu, fuyunghai, sapi cah brokoli, sapi lada hitam, ikan tahu tausi, ayam kuluyuk dan lain-lain. Memang benar, tidak ada menu mengandung babi sama sekali.

Santap malam kami awali dengan sup ikan gurame yang ternyata disajikan dalam mangkuk lumayan besar. Cukup dinikmati bertiga. Daging ikan guramenya lembut, tidak anyir, dengan kuah asam segar yang enak. Tidak asin dan menyegarkan.

Ayam Garam Buatan Resto Rumahan yang Sederhana LezatFoto: Yusnita Sary



Ayam Garam yang jadi andalan rumah makan ini tersedia dua pilihan. Ayam Garam biasa dan Ayam Garam Goreng. Bisa dibeli 1 ekor, 1/2 ekor dan 1/4 ekor. Melihat tampilan ayam garam di meja sebelah sayapun tergoda memesan ayam garam goreng 1/2 ekor.

Ayam garam adalah olahan sederhana ayam dengan bumbu garam dan lada. Versi gorengnya warnanya cokelat pucat tetapi aromanya gurih wangi. Waktu masuk ke mulut terasa gurih empuk yang enak. Tidak berminyak sama sekali. Tak terasa ayam 1/2 ekor ini cepat ludes.

Ayam garam ini bisa dipesan dengan nasi Hainan. Tapi kami lebih memilih mencicipi bakmi yang juga jadi menu jagoan rumah makan ini. Bakmi goreng seafood disajikan dengan acar mentimun. Bakminya seperti lidi, mulur lembut dengan rasa manis sedang. Ada cumi, udang, irisan bakso ikan diseling telur yang menggumpal dan kucai.

Ayam Garam Buatan Resto Rumahan yang Sederhana LezatFoto: Yusnita Sary



Buat menu sayuran kami memilih kailan cah bawang putih. Tumisan sayuran yang paling sederhana. Tampilannya hijau segar dengan taburan bawang putih cincang yang digoreng dengan kuah nyenak. Krenyes renyah kailan masih terasa dan bumbu bawang putih dan saus tiramnya terasa banget gurihnya.

Sebenarnya kami tergoda buat pesan menu lainnya tapi perut sudah keburu kenyal. Porsi makanannya sedang, harganya tak terlalu mahal. Karena menunya tergolong menu populer jadi tak terlalu bingung memilihnya. Memang cocok buat makan bareng keluarga.

Kamu punya pengalaman bersantap atau jajan yang menarik? Kamu bisa mengirimkan ke SINI!



Simak Video "Menyantap Makanan Khas Jepang di Atas Tikar Tatami"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)