Gurih Enak Bakmi Terang Bulan yang Populer dari Palembang

Renatta Sujono - detikFood Selasa, 07 Jan 2020 12:30 WIB
Foto: Renatta Sujono
Jakarta - Meskipun makan bakmi ini bukan di tempat asalnya tetapi standar rasanya cukup enak. Bakminya mulur lembut dengan topping ayam kampung gurih.

Sudah agak lama jika melintasi deretan ruko Beryl, Gading Serpong selalu mengamati deretan rumah makan yang ada di sana. Selain Bumbu Pekalongan yang selalu ramai, ada rumah makan bubur, hidangan Minang sampai makanan tradisional rumahan. Kadang agak bingung kalau mau mampir ke salah satu rumah makan tersebut.

Tapi siang itu kami sedang pengin makan bakmi enak. Bakmi Terang Bulan yang ada di deretan ruko tersebut akhirnya jadi pilihan. Apalagi kami mendapat info kalau rumah makan bakmi ini cabang dari Palembang, dikenal dengan nama Sin Chiaw Lok. Di sana bakmi mereka cukup terkenal dan legendaris.



Meskipun menu yang disiapkan ada ayam kampung tetapi juga tersedia daging babi. Karenanya untuk teman muslim pencinta mie sebaiknya berpikir ulang kalau mau mampir. Menunya bisa memilih bakmi biasa, bakmi lebar, bihun atau kwetiau.

Untuk toppingnya bisa memilih chasiu (daging panggang), babi cincang, ayam jamur, ayam kampung, pilihan campur 2 topping atau 4 topping. Selain itu tersedia juga pangsit rebus atau goreng, bakso sapi, bakso ikan, tahu kok, nasi tim atau swekiau.

Gurih Enak Bakmi Terang Bulan yang Populer dari Palembang Foto: Renatta Sujono


Kamipun memilih bakmi biasa dengan topping ayam kampung dan seporsi pangsit goreng serta seporsi tahu kok. Kami lumayan lama menunggu bakmi pesanan disiapkan. Sambil berharap-harap bakal makan bakmi enak.

Wah, pertama disajikan sudah terlihat beda, bakmi tidak disajikan dalam mangkuk tetapi di piring makan cekung berwarna putih. Tampilannya lumayan menggiurkan. Mienya keriting halus tampak bergelung bertumpuk dengan rapi. Tidak kelihatan banyak minyak atau kuah.

Toppingnya cincangan halus daging ayam dengan irisan jamur. Bukan jamur merang seperti kebanyakan bakmi ayam tetapi jamur kancing kalengan yang warnanya kecokelatan. Pertama, kami mencicipi mienya yang mulur lembut dan teksturnya pas. Tidak lonyot tetapi kering tanpa lapisan minyak.

Daging cincangnya terasa bersih garing dengan bumbu yang tak terlalu asin atau manis. Semangkuk kaldu bening disajikan sebagai pelengkap. Gurih polos dan ringan rasanya. Pas rasanya buat mie yang tak terlalu berminyak dan renyah.

Gurih Enak Bakmi Terang Bulan yang Populer dari Palembang Foto: Renatta Sujono


Tahu kok yang kami pesan juga sederhana tampilannya. Tahu bakso, potongan tahu putih goreng dan beberapa butir bakso ikan. Kuahnya bening dengan taburan bawang putih cincang dan daun bawang iris. Aroma gurih kaldu dan bawang putihnya terhirup sedap.

Tahunya putih lembut seperti tahu China umumnya, bakso ikannya kenyal gurih, Kaldunya juga enak, bening, gurihnya tak berlebihan. Tanpa tambahan sambal dan kecap asin sudah terasa enak. Porsinya juga tak terlalu banyak isinya dan lumayan mengenyangkan jika dimakan sendiri.



O,ya pangsit gorengnya juga renyah. Teksturnya tidak empuk tipis atapi bergelembung kriuk renyah dan isiannya juga lumayan padat. Yang bikin senang justru porsi bakmi di sini lumayan royal, meskipun harganya berkisar Rp. 26 ribuan. Mengenyangkan tanpa bikin kantong bolong.

Kalau mau mampir bisa ke Ruko Beryl 2, Jl. Boulevard Gading Serpong, Serpong Utara, Tangerang. Jam bukanya dari jam 07.00 pagi sampai jam 17.30.


Kamu punya pengalaman bersantap atau jajan yang menarik? Kamu bisa mengirimkan ke SINI!

Simak Video "Sedapnya Nasi Goreng Cingur di Resto Bakmi Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)