Sate Batibul Bang Awi Memang Mak Nyoss...!

- detikFood Kamis, 05 Mei 2011 14:39 WIB
Tegal - Nama Pengirim: Mohamad Abdul Jamil
Email: abdul.jamil@xxx.com

Warung sate batibul memang sangat terkenal di daerah Tegal sana. Pasalnya sate yang memakai daging kambing muda yang dagingnya empuk, lemaknya putih dan tidak berbau prengus. Tambah mak nyoss... dengan cocolan kecap manis plus sambal!

Sate batibul Bang Awi ini saya cicipi saat ada kegiatan assesment di kantor cabang perusahaan saya bekerja di daerah Tegal, Jawa tengah. Saya dan team pun berkeliling kota Tegal setelah melakukan assesment, sekaligus mencari oleh-oleh untuk dibawa ke Jakarta. Kebetulan kami juga termasuk pecinta masakan-masakan daerah.

Nah, saat kami melintas di jalan alternatif yang menhubungkan kota Slawi dengan kota Tegal, tak sengaja mata kami tertuju ke sebuah warung makan dipinggir jalan yang sarat dengan pengunjung. Wah, penasaran juga karena pengunjung sangat banyak bahkan parkiran mobil terlihat penuh. Padahal letak warung jauh dari keramaian meski sangat mudah dijangkau karena memang letaknya dipinggir jalan yang menghubungkan kota Slawi ke kota Tegal.

Kami mencoba menghampiri dan menepikan mobil, ternyata yang kami lihat adalah 'Warung Sate Kamibing Muda BATIBUL Bang Awi'. Kami langsung tertarik dan langsung memarkirkan mobil. Lima porsi sate kambing batibul pun dipesan karena memang kami berlima.

Tak lama kemudian sajian datang dan kami pun bisa merasakan kelezatannya. Meski belum sempat dicicipi, tetapi sate ini tampak berbeda dari sate-sate kebanyakan. Irisan dan hasil bakarannya benar-benar menggoda, ditambah aroma satenya yang khas.

Begitu kami mulai menyantapnya spontan kami langsung memvonis bahwa sate ini luar biasa rasanya. Dagingnya luar biasa empuk berseling dengan lemaknya yang putih. Begitu pula dengan sop kambingnya yang rasanya juga luar biasa. Bahkan kami masih ingin menambah pesanan meskipun perut merasa cukup kenyang. Akhirnya kami putuskan untuk dibungkus dan dibawa ke hotel.

Kami sempat ngobrol panjang lebar dengan empunya warung, H. Malawi dan Hj. Umi. Ternyata daging kambing yang disajikan untuk sate berasal dari kambing-kambing muda pilihan dan kisaran umur kambing yang dipotong adalah 3 bulan.

Bagi pencinta sate kambing yang ingin mencoba dahsyatnya rasa sate kambing batibul langsung saja menuju warung Bang Awi. Apalagi kini Bang Awi telah membuka cabangnya di Jakarta tepatnya Jl. Boulevar Raya Blok QJ No,20 Kelapa Gading. Selamat berburu sate batibul!

Sate Kambing Batibul Bang Awi
Jl. Raya II Ujungrusi (Depan SMK/SMIK N Tegal)
Adiwerna - Tegal
HP: 0818-0288-9603


(dev/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com