Kepincut Sate Kambing Sumber Rejeki

- detikFood Kamis, 07 Okt 2010 13:20 WIB
Jakarta - Untuk yang suka dengan olahan daging kambing, pasti menyukai sate yang menjadi andalan rumah makan ini. Dagingnya empuk dan gurih, dipadu dengan bumbu yang enak. Jika ingin yang segar, sop kambing pun bisa dicicipi. Sluurp, enak!

Seusai lebaran agak sulit mencari rumah makan yang buka. Umumnya para pedagang pulang kampung untuk bertemu keluarga setelah setahun penuh berusaha di Jakarta. Untungnya di bilangan Jakarta Barat salah satu rumah makan ini tetap buka seusai lebaran sehingga bisa menjadi tempat tujuan keluarga saya untuk santap diluar.

Rumah Makan Sumber Rejeki, selain memiliki nama yang unik, menyediakan makanan yang sangat terbatas menunya hanya sate kambing, sop kambing, soto kikil, soto ayam kampung dan Ayam kampung goreng. Kendati tidak banyak variasi menunya namun tetap ramai pengunjungnya.

Restoran yang berada di sebuah rumah yang diset menjadi rumah makan dengan beberapa meja kayu dan bangku kayu serta etalase dibagian depan ini mulai buka sejak jam 10 pagi hingga pukul 11 malam. Rumah makan ini berada di jalan panjang kebon jeruk Jakarta barat. Berada disebelah kiri bercat peach.

Saya dan istri memang hobi makan sate kambing dan Sop kambing. Saya mempunyai dua restoran favorit untuk menyantap sate dan sop kambing. Sate Blora di rawamangun dan Rumah Makan ini. Untuk Sate kambingnya, daging satenya di bakar sampe empuk dan tidak banyak lemaknya. Bumbunya meresap dan kita bisa memilih bumbu kacang atau kecapnya.

Pastinya mengunyah dagingnya tidak seperti mengunyah karet seperti pengalaman saya sebelum saya memilih dua restoran ini. Yang menyenangkan adalah untuk satenya tidak perlu menunggu lama karena pelayannya sigap. Sop kambingnya selalu ready to serve karena memang sudah di masak banyak. Pelayan tinggal menyediakan isi sop saja untuk disiram kuah panas.

Kami biasanya memilih kombinasi kedua menu ini. Sop kambingnya pastinya rasanya tidak mengecewakan. Disajikan panas panas, membuat Sop terasa lebih gurih dan segar. Untuk pilihan minuman bermacam macam. Memang Rumah makan ini punya etalase pendingin yang berisi aneka softdrink, air mineral dan teh kemasan. Selain itu bisa memesan teh manis panas, es teh manis, kopi maupun jika tidak memesan minuman maka secara gratis mendapat teh tawar hangat. Ada pula menu minuman yang saya rekomendasikan yakni es lidah buaya. Jika dipadankan dengan daging kambing yang panas diperut tentunya es lidah buayanya bisa mendinginkan. Kombinasi yang baik menurut saya.

Untuk harganya, rumah makan ini mematok harga yang terjangkau. Untuk sop kambingnya hanya Rp.13.000 seporsinya. Sate kambing sepuluh tusuknya sekitar Rp. 23.000. Untuk minumannya tergantung jenis minumannya, namun untuk es lidah buayanya Rp.8000 segelas. Biasanya saya berbagi sate kambing seporsi dan sop semangkok. Dengan nasinya kami hanya mengeluarkan uang 40 ribuan. Cukup Rp.50.000 saya bisa makan puas disini. Untuk menu lainnya pastinya dibawah harga tadi walau tidak tahu pasti harganya. Jadi untuk penggemar daging kambing, makan dirumah makan ini pastinya tidak akan mengecewakan dan layak dicoba.

RM.Sumber Rejeki
Jl. Panjang (Arteri Kelapa Dua) No. 20
Kebon Jeruk, Jakarta Barat


(eka/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com