Pecel 'Ndeso' yang Bikin Kangen!

- detikFood Selasa, 14 Sep 2010 11:30 WIB
Jakarta - Rasa nasi pecel yang satu ini selalu bikin kangen tiap kali berkunjung ke Solo. Meskipun sepintas tak ada bedanya dengan nasi pecel biasanya, tapi saat dicoba baru terasa bedanya. Pecel ndeso menggunakan nasi merah dan juga bumbu kacang wijen untuk menyiram sayurnya. Soal rasa, suedep tenan!

Setiap kali pulang ke kampung halaman, saya selalu kangen dengan nasi pecel ndeso yang letaknya di sebelah selatan Hotel Grand Hyatt Jogja. Di Warung Pecel Solo atau yang dikenal juga dengan nama 'Omah Ndeso' disajikan beragam menu pilihan. Diantaranya ada pecel ndeso, rawon,nasi liwet, garang asem dan menu-menu tradisional lainnya.

Menu favorit saya adalah nasi pecel dengan bumbu kacang wijen dan es beras kencur yang rasanya segar. Untuk menu pecelnya berbeda dengan pecel yang lainnya yang biasanya dihidangkan dengan bumbu kacang. Pecel ndeso bumbunya disiram dengan bumbu kacang wijen. Dan dihidangkan dengan nasi merah lengkap dengan sayuran hijau seperti bayam, kecambah, kenikir, lembayung, kembang turi, kecipir dan disiram dengan bumbu kacang wijen plus kerupuk karak.

Yang membuat pecel ini unik adalah nasi merah, kembang turi yang cukup langka dan juga penggunaan bumbu wijennya itu. Lauknya pun bermacam -macam ada tempe tahu bacem, empal , garang asem dll. Minumannya tak kalah unik ada jahe pandan, es beras kencur, es temulawak, asam jawa dll.

Pokoknya maknyuss! Kalau sudah menyantap sego pecel plus minum es beras kencur ini membuat seluruh rasa pegal dan capek di badan saya hilang. Apalagi menyantap hidangan dengan suasana Jawa dengan diiringi gamelan dan gending Jawa membuat saya selalu kangen dengan tempat dan makanannya. Silahkan mampir dan menikmati hidangan tempo doloe dengan nuansa Jawa yang kental dijamin anda akan betah berlama-lama. Selamat mencoba!

Warung Pecel Solo
Jl. Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen Solo
Telp: 0271-737379.   

Jl. Palagan Tentara Pelajar No. 52
Ngaglik Sleman Yogyakarta ( Next To Hyatt Hotel )
Telp. 0274-866.588


(eka/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com