Sedap Gurih Soto Madura, Sluurp!

- detikFood Rabu, 21 Okt 2009 13:11 WIB
Jakarta - Nama : Ahmad Bilal
Email : ahmad.bilal245[at]yahoo.com

Makanan berkuah hangat ini sudah banyak penggemarnya. Kuahnya bening gurih dengan isian yang komplet. Mau ceker ayam, kepala, sayap ayam, ataupun telur muda sebagai tambahan isi? Silahkan saja. Penasaran?

Menikmati soto enak tak perlu jauh-jauh pergi ke resto besar. Seperti di Soto Ayam Madura Spesial ini. Penjualnya hanya bermodalkan gerobak dorong dan mangkal di pinggir jalan di daerah Percetakan Negara, tepat di seberang Rutan Salemba. Ditambah sebuah bangunan sederhana dengan empat buah meja kayu berukuran sedang dan bangku-bangku plastik tanpa sandaran mengisi bangunan tersebut.

Menu spesial tempat ini hanya soto ayam. Meskipun begitu, warung ini tak pernah sepi pengunjung. Setiap pembeli yang datang boleh memilih ceker ayam, leher, kepala, sayap, telur, telur muda, atau bahkan 'tunggir' sebagai tambahan isinya. Soto ayamanya disajikan bersama dengan sepiring nasi putih plus taburan bawang goreng.

Di setiap meja sudah tersaji condiment sebagai pelengkap soto, seprti kecap, sambal, irisan jeruk nipis, dan juga kerupuk. Rasanya cukup enak, kuah kaldunya kental, dan yang paling saya suka adalah isinya yang komplet dan banyak. Si penjual sama sekali tidak peliot bumbu, jadi terasa sekali rasa kaldu dan rempahnya.

Harag seporsi soto ayam spesial ini sangat 'ramah di kantong', hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 6.000,00 seporsi soto ayam sudah dapat dinikmati dengan nasi cukup menambhakn Rp 2.000,00 saja. Soto Ayam Madura Spesial ini mulai beroperasi sekitar pukul 08.00 pagi hingga pukul 23.00 malam.

Tapi jangan khawatir akan kualitas sotonya, karena si penjual ini mempunyai sistem shift. Pada siang hari menjelang sore akan ada gerobak baru yang datang dengan stok makanan lengkap dan kuah kaldu yang masih baru dibuat, sehingga kualitas rasa tetap terjamin.

Tak heran jika pengunjung setia soto ayam Madura spesial ini sangatlah banyak. Selain rasanya yang enak, harganya juga murah. Kalau sedang berada di kawasan Percetakan Negara, coba saja mampir ke warung Soto Ayam Madura Spesial ini.

Soto Ayam Madura Spesial
Jl.Percetakan Negara
(Depan pos Polisi Kayu Awet, seberang Rutan Salemba)




(dev/Odi)