Mr Ollie : Empuk Gurih Luti Gendang Teman Ngopi dari Anambas

Sonia Basoni - detikFood Senin, 22 Jun 2020 17:00 WIB
Luti Gendang Dari Mr Ollie Foto: dok.detikFood
Jakarta -

Budaya ngopi yang beragam sudah melekat di wilayah Sumatera sejak dulu. Seperti di Anambas, Riau, yang punya budaya ngopi sambil ngemil luti gendang yang enak.

Sekilas tampilannya mirip seperti panada khas Manado. Hanya saja bentuknya tidak setengah lingkaran tetapi luti gendang bentuknya bulat lonjong seperti kroket. Camilan roti goreng yang satu ini berasal dari Anambas di Kepulauan Riau.

Baca Juga: Gurih-gurih Pedas Luti Gendang Khas Batam

Luti Gendang Dari Mr OllieLuti Gendang Dari Mr Ollie Foto: dok.detikFood



Nama luti gendang sendiri diambil dari dialek masyarakat keturunan China di Anambas. Kata luti diambil dari 'roti' sementara gendang memiliki arti 'rendang' yang merujuk pada kata 'goreng' dalam bahasa Tarempa Anambas.

Ciri khas dari luti gendang terletak pada adonan roti yang kenyal dan mengembang. Di bagian dalam roti biasanya diisi dengan ikan atau daging ayam, ada juga yang mengisinya dengan abon sapi atau isian lain sesuai selera.

Luti gendang biasanya disajikan di pagi hari atau sore hari sebagai teman ngopi. jadi seperti jajan pasar di pulau Jawa. Hampir semua kedai kopi di wilayah Anambas, Batam, Karimun, sampai Tanjungpinang menjual luti gendang.

Luti Gendang Dari Mr OllieLuti Gendang Dari Mr Ollie Foto: dok.detikFood



Tak hanya populer di wilayah Riau saja, luti gendang juga memiliki banyak penggemarnya di Jakarta. Salah satu penjual luti gendang di Jakarta adalah Mr Ollie. Hanya saja Mr.Ollie menawarkan uti gendang dengan versi modern atau kekinian.

Bukan hanya ikan berbumbu pedas tetapi ada pilihan isian yang lebih beragam. Luti gendang buatan Mr Ollie jadi camilan enak saat menikmati kopi panas atau es kopi susu kekinian.

Tak sulit memesan luti gendang dari Mr Ollie, karena gerai luti gendang yang sudah buka sejak tahun 2014 ini memiliki banyak cabang yang tersebar di Jakarta, Tangerang dan Batam.

Luti Gendang Dari Mr OllieLuti Gendang Dari Mr Ollie Foto: dok.detikFood



Penasaran dengan rasanya kami langsung memesan semua varian dari Mr Ollie via aplikasi ojek online yang praktis. Ada 6 pilihan rasa asin dan manis yang tersedia di sini. Untuk rasa asin ada Spicy Tuna, Chicken Curry dan Sweet Chicken. Lalu pilihan rasa manisnya ada Chocolate, Oreo dan Keju.

Kami pesan menu box isi 12 (Rp 63.000) dan ketika sampai semua roti masih hangat. Di box pertama ada Spicy Tuna, Chicken Curry dan Sweet Chicken yang berwarna kecokelatan dengan cap logo ikan atau ayam sebagai penanda isian uti gendang.

Luti Gendang Dari Mr OllieSpicy Tuna Mr Ollie Foto: dok.detikFood



Spicy Tuna yang jadi andalan kami cicip pertama kali. Isiannya ikan tuna suwir berwarna merah oranye cukup padat. Ketika roti disobek dengan tangan langsung tercium aroma pedas cabe rawit merah. Adonan rotinya empuk dengan bagian luar garing kecokelatan.

Adonan rotinya empuk persis seperti roti goreng. Ada sedikit rasa manis. Tetapi justru enak saat berpadu dengan pedas gurih tuna pedas yang jadi isiannya. Karena ukurannya sebesar kroket, satu buah terasa kurang.

Suwiran ikan tunanya cukup didominasi rasa menyengat cabe rawit merah. Cukup garing dan tidak ada aroma amis ikan. Seperti menyantap abon ikan pedas yang gurih-gurih bikin nagih.

Luti Gendang Dari Mr OllieCurry Chicken Mr Ollie Foto: dok.detikFood



Juara lainnya ada luti gendang Chicken Curry yang tampilannya mirip seperti Spicy Tuna, hanya saja rasanya tidak terlalu pedas dengan jejak bumbu kari yang samar. Dipadukan dengan adonan roti yang sedikit manis rasanya jadi pas dan seimbang. Bagi yang suka manis bisa juga coba isian Sweet Chicken atau suwiran ayam tumis kecap yang manis gurih.

Varian isian kekinian luti gendang Mr Ollie ini terdiri dari keju, cokelat dan oreo. Tampilan rotinya sedikit lebih pucat dari kotak sebelumnya karena pilihan adonan setengah matang. Tampilannya dibedakan dengan corak warna di luar roti. Di antara ketiga varian ini, rasa luti manis yang paling nendang adalah yang cokelat.

Luti gendang cokelat teksturnya lembut dengan isian cokelat yang meleleh saat dipotong. Rasa cokelatnya legit tapi tidak terlalu manis bisa jadi pilihan camilan untuk teman ngeteh.

Luti Gendang Dari Mr OllieLuti Gendang Cokelat. Foto: dok.detikFood



Untuk luti gendang setengah matang ini bisa disimpan lagi di dalam kulkas selama 3 hari, dan bisa tahan sampai 1 bulan jika disimpan dalam freezer. Sementara untuk luti yang matang bisa dihangatkan di microwave atau di wajan dengan sedikit minyak.

Usaha Mr Ollie memperkenalkan luti gendang dengan cara dan kemasan baru ini patut dihargai. Rasanya cukup untuk mengobati kangen bagi yang rindu dengan camilan khas Anambas ini. Sekaligus memperkenalkan keunikan jajanan Anambas di luar Riau.

Mr Ollie juga menyediakan paket menu box isi 6 sampai 24 dengan kisaran harga dari (Rp 35.000 - Rp 108.000). Tersedia juga teh tarik dan es kopi susu Sumatra ukuran satu liter untuk ngopi-ngopi di rumah.

Baca Juga: Panada Mantap: Panada Isi Cakalang hingga Cokelat Keju Langganan Artis


Mr Ollie Tanjung Duren
Jl. Manggis II No.19, Tj. Duren Utara.
Grogol Petamburan, Jakarta Barat.
Telp: 0819-9097-7782
Instagram: @mrollieid



Simak Video "Gurih-gurih Pedas Luti Gendang Khas Batam"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)